PRAJURIT YONMARHANLAN I TERIMA SOSIALISASI KESELAMATAN BERLALU LINTAS

Dispen Kormar (Belawan). Untuk mencegah angka kecelakaan berlalulintas pada diri Tentara Nasional Indonesia (TNI), segenap prajurit  Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I dan personel dari Lantamal I menerima sosialisasi keselamatan berkendaraan atau Safety Riding dalam rangka mendukung Operasi Simpati Toba TA. 2017 dari Ditlantas Polda Sumut di gedung Serbaguna Suhermanto, Mako Yonmarhanlan I Jl. Serma Hanfiah No. 1 Belawan. Kamis (16/03/2017).

 

Adapun materi yang diberikan meliputi Tata tertib berlalu lintas, Etika, Peraturan lalu lintas dan Praktek dilapangan serta sesi tanya jawab.

 

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan kemitraan antara TNI dan Polri.

 

Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol R. Heru Prakoso  didampingi oleh Pasiops Yonmarahanlan I Mayor Marinir Catur Maidy mewakili Danyonmarhanlan I Letkol Marinir Abdi Zunanda Tambunan mengatakan kegiatan keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas  di wilayah hukum Polda Sumut.

 

“Dari hasil survei nasional menyebutkan angka kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu kasus kematian tertinggi di Sumut, rata-rata 4-5 orang setiap hari meninggal dunia dan itu dihitung baru yang meninggal dunia belum lagi kecelakaan yang mengakibatkan cacad seumur hidup dan sebagainya,” terang Dirlantas Polda Sumut tersebut.

 

Kegiatan ini juga untuk mendukung menyukseskan operasi kepolisian terpusat tahun 2017 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yaitu dalam bidang operasi lalu lintas tahun 2017 khususnya untuk wilayah Poldasu dengan sandi Operasi Simpati Toba 2017, antara lain penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas,  Penegakkan hukum diprioritaskan kepada pelanggaran pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan kedaraan yang tidak dilengkap surat-surat serta sekaligus mensosialisasikan berlakunya tilang Elektronik, tambahnya.

 

Setelah pelaksanaan sosialisasi di ruangan selanjutnya anggota diberikan penjelasan praktek di lapangan bagaimana cara mengendarai kendaraan bermotor atau teori dasar safety riding serta syarat menjadi safety rider. Dalam pelaksanaan praktek safety rider Dirlantas Poldasu bekerja sama dengan tim profesional dari CV. Graha Honda, dan diakhir kegiatan Dirlantas Poldasu memberikan helm kepada prajurit Yonmarhanlan I sebanyak 100 buah serta pemberian cenderamata.

 

Dalam acara sosialisasi ini Dirlantas Poldasu didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Yemi Mandagi, SIK., dan beberapa personel dari Satlantas Polres Pelabuhan Belawan. Dengan kegiatan ini diharapkan anggota TNI, khususnya prajurit Yonmarhanlan I bisa menjadi pelopor keselamatan, dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan.