PRAJURIT YONMARHANLAN IV TANJUNGPINANG IKUTI CERAMAH KESEHATAN

Segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang menerima ceramah kesehatan dalam rangka HUT Ke-42 Rumah Sakit TNI AL (RSAL) Midiato Suratani di Gedung Serba Guna Yos Sudarso Mako Lantamal IV Jl. Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau Kamis (16/03/2017).

 

Acara ceramah kesehatan selain dari Yonmarhanlan IV hadir juga dari prajurit, PNS Mako Lantamal IV Tanjungpinang dan Wing Udara 2 serta Lanudal Tanjungpinang.

 

Materi kesehatan yang disampaikan kali ini terdiri dari 3 point yaitu tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK) disampaikan oleh dr. Satrio, Pemeriksaan Radiologi terhadap jantung koroner oleh Letkol Laut (K) dr. Paralam serta Rhinitis yang dibawakan oleh Kapten Laut (K) dr. Suryantoko.

 

Dari ketiga penceramah masing-masing menekankan pentingnya menjaga kesehatan secara terus-menerus, terutama mengetahui secara dini gejala-gejala penyakit jantung koroner anatara lain adalah rasa nyeri pada dada, mengeluarkan keringat padahal tidak sedang melakukan kegiatan, umumnya area telapak tangan yang sering keluar keringat, merasa lelah berlebihan, sesak nafas, jantung berdebar-debar kencang tanpa sebab, rasa cemas yang berlebihan, sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung biasanya sangat menyakitkan.

 

Dari rangkaian gejala awal tesebut disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah koloesterol tinggi yang berlebih, gaya hidup yang buruk/tidak sehat, pola makan yang tidak baik, gizi yang tidak seimbang, riwayat keluarga atau turunan, kurangnya olahraga, stress yang berlebih, obesitas/kegemukan, perokok aktif serta  faktor usia. Untuk mencegah dan mengatasi hal-hal tersebut harus menjaga dan menyeimbangkan dari beberapa faktor penyebab yang sudah disebutkan sehingga dapat meminimalisir gejala yang memicu  dari penyakit jantung koroner.

 

Hadir pada acara tersebut Dandenma Lantamal IV Letkol Laut (P) Rakhmat Arief, para Kadis Lantamal IV, para perwira RSAL Midiato.S serta Pasiops Yonmarhanlan IV Mayor Marinir Wira Dharma Lumban Gaol.