KORPS MARINIR GELAR KURSUS PARA DASAR

Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir Wurjanto secara resmi membuka Kursus Para Dasar Korps Marinir TA.2017 di lapangan apel Kesatrian Ewa Pangalela Bhumi Marinir Gunungsari, Surabaya, Selasa (18/04/2017).
 
Kegiatan yang dihadiri Aspers Danpasmar-1 Kolonel Marinir David Candra Viasco, Wadan Kolatmar Letkol Mar Bagus Wiyosantoro, Para Perwira Staf dan Komandan Satlak dijajaran Kolatmar tersebut juga dihadiri Para Perwira Staf Personel (Paspers) di jajaran Pasmar-1.
 
Dalam amanatnya Komandan Kolatmar mengatakan, Kursus Para Dasar Korps Marinir merupakan kursus bagi personel Korps Marinir yang telah terprogram dengan tujuan untuk memberikan ilmu dan keterampilan kepada peserta kursus Para Dasar dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok di satuan.
 
Sebagai prajurit yang memiliki kemampuan Para Dasar, lanjutnya, akan mempunyai kepercayaan diri yang lebih dalam menghadapi berbagai tugas yang akan datang. “Dengan kemampuan yang kalian miliki, maka menjadi tanggung jawab dan merupakan suatu tantangan peserta kursus Para Dasar untuk mampu menyampaikan ilmu tersebut kepada prajurit lainnya di satuan kalian bertugas,” tegas Dankolatmar.
 
Orang nomor satu di Kolatmar itu juga mengharapkan agar Para Dasar dapat menunjang dalam pelaksanaan tugas yang diembankan kepada Korps Marinir. Dengan kemampuan terjun, dapat dikembangkan dengan kemampuan terjun laut, sehingga ketika mendapat tugas untuk melaksanakan serbuan amfibi dengan cepat ke suatau trouble spot, maka prajurit Korps Marinir siap untuk diterjuankan ke laut dengan menggunakan tehnik Rubber Duck Operation (RDO).
 
Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Kolatmar kepada seluruh peserta Kursus Para Dasar agar melaksanakan dan menyerap semua materi yang diberikan oleh instruktur sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar dan aman serta benar-benar zero accident.
 
Komandan Pusat Latihan Khusus (Puslatsus) Kolatmar Letkol Mar Ferdy Takaendengan selaku Perwira Pelaksana Kursus mengatakan, Kursus Para Dasar akan berlangsung hingga 17 Mei 2017 diikuti 50 peserta dengan 18 orang dari Pasmar-1, 18 orang dari Pasmar-2, 9 orang dari Brigif-3 Marinir dan 5 orang dari Kolatmar.
 
Materi yang dilatihkan, lanjutnya, Ground Training dilaksanakan di Gunungsari hingga tanggal 30 April 2017 dengan materi Penjas Para, pengenalan alat Para, melipat dan mengepak parasut, drill masuk pesawat, prosedur kegiatan di pesawat, tehnik exit, tehnik melayang dan mengemudi, tehnik mendarat dan prosedur darurat.
 
“Setelah Ground Training, dilanjutkan dengan praktek terjun di Lanudal Juanda, dengan materi terjun siang, terjun lambat tanpa senjata, terjun cepat tanpa senjata, terjun lambat bersenjata, terjun cepat bersenjata, terjun malam dan diakhiri dengan wing day,” pungkasnya.