KETUA KORCAB PASMAR-2 NOBAR FILM KARTINI

Dispen Kormar (Jakarta). Dalam rangka memperingati dan mengenang jasa-jasa ibu kita Kartini Ketua Korcab Pasmar-2 Ny. Nur Alamsyah beserta pengurus dan seluruh ibu-ibu Jalasenastri Korcab Pasmar-2 nonton bareng (Nobar) Film Kartini di Cinema XXI, One Park Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (26/04/2017).

 

Pada kesempatan ini Ketua Korcab Pasmar-2 berharap dengan menonton film ini para ibu-ibu dapat mengambil segi positifnya dengan mengenang perjuangan ibu Kartini serta meneladani jasa-jasanya dalam memajukan kaum wanita.

 

Film Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dengan sutradara Hanung Bramantyo tersebut menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam membela persamaan hak kaum wanita dalam mendapatkan kesamaan hak dengan kaum pria dalam bidang pendidikan yang pada zaman itu kaum wanita tidak diperbolehkan untuk bersekolah.

 

Pengetahuan mereka hanya berkisar seputar kehidupan petani dan bekerja pada hal yang berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga. Hanya golongan atau keturunan bangsawan sajalah yang bisa bersekolah. Itu pun tidak sampai pada jenjang yang tinggi.

 

Kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi sangat memprihatinkan. ebagian besar budaya di Jawa dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Penderitaan perempuan Jawa akibat kungkungan adat, yaitu tidak bisa bebas duduk di bangku sekolah, harus dipingit, tidak bisa bermain, harus belajar menjahit, mencuci, memasak dan belajar pekerjaan rumah tangga lainnya.

 

Dengan Nobar film tersebut selain mendapat gambaran sejarah juga dapat belajar serta menghayati perjuangan perempuan Indonesia, dan diharapkan dapat menginspirasi para generasi penerus sehingga muncul Kartini-Kartini lainnya di Indonesia.