KOMANDAN PASMAR-1 PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN RESIMEN KAVALERI-1 MARINIR

Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) memimpin serah terima jabatan Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir (Danmenkav-1 Mar) di lapangan apel Kesatrian Marinir Supraptono Semarung, Ujung, Surabaya. Sabtu (29/07/2017).

Jabatan Danmenkav-1 Mar diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Marinir Agung Trisnanto kepada pejabat baru Letkol Marinir Arif Handono yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir (Wadan Menkav-1 Mar), sedangkan Kolonel Marinir Agung Trisnanto akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Dinas Material (Kadismat) Korps Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, perpindahan jabatan dalam suatu organisasi di lingkungan instansi militer pada hakekatnya merupakan suatu kebutuhan organisasi yang harus dilaksanakan secara periodik, dalam upaya untuk mewujudkan pembinaan personel dan organisasi yang kompetitif dan berkesinambungan. Sekaligus sebagai wujud kepercayaan dan penghargaan dari pimpinan atas segala prestasi dan kemampuan yang dimiliki, sehingga diberikan tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi untuk dapat mengimplementasikan kepemimpinan yang dimiliki.
 
“Dengan alih tugas jabatan, diharapkan dapat membawa semangat baru dan penyegaran ide-ide pemikiran di lingkungan Korps Marinir khususnya Menkav-1 Mar, sehingga secara komprehensip mampu menghasilkan output yang lebih berkualitas dan mampu memberikan karya terbaiknya dalam setiap pelaksanaantugas”, jelas Komandan Pasmar-1.
 
Sebagai Komando Pelaksana Pasmar-1, lanjutnya, Menkav-1 Mar memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional satuan Menkav-1 Mar sebagai pasukan pendarat guna melaksanakan operasi pendaratan amfibi, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta tugas-tugas operasi lainnya, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang.
 
“Melihat tugas pokok tersebut, Menkav-1 Mar memiliki tugas yang sangat berat, oleh karenanya sangat dibutuhkan seorang Komandan yang memiliki kerja keras, kerja cerdas, inovasi serta dedikasi yang tinggi, agar semua unsur yang ada dapat mencapai tugas yang dibebankan, kita patut bersyukur bahwa dari waktu kewaktu, Menkav-1 Mar sampai saat ini sangat membanggakan baik dalam gelar kekuatan untuk menjamin keamanan integritas wilayah yuridiksi nasional, tugas-tugas luar negri dibawah naungan PBB, maupun tugas-tugas dalam negeri lainnya”, tegasnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Agung Trisnanto atas segala usaha dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Danmenkav-1 Mar, kepada Letkol Marinir Arif Handono, Komandan juga mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Danmenkav-1 Mar, dengan harapan kepercayaan, kehormatan dan penghargaan yang tinggi dari pemimpin Korps Marinir untuk menduduki jabatan ini, hendaknya dapat memacu semangat untuk berprestasi lebih baik lagi yang direfleksikan dalam bentuk dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab demi keberhasilan dalam mengemban tugas.

“Pertahankan dan tingkatkan semua prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama, tingkatkan kerja sama dan keterpaduan, baik di dalam maupun diluar kesatuan demi keberhasilan tugas’’, pungkasnya.