YONIF-10 MAR UJI KETAHANAN FISIK DENGAN LATIHAN HAN MARS

Menjelang Latihan Satuan Lanjutan dan Uji Nilai Satuan 2017, Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif)-10 Marinir/Satria Bumi Yudha (SBY) menguji ketahanan fisik dengan latihan Ketahanan Mars pada Kamis (12/10/2017). Latihan berupa berjalan kaki sejauh 10 kilometer (Km) ini dimulai dari markas Kesatrian Yonif-10 Mar/SBY di Pulau Setokok dan berakhir di Pulau Galang.

Sebelum latihan ini, semua prajurit melaksanakan senam peregangan yang dilaksanakan secara bersama-sama di lapangan apel markas Kesatrian Yonif-10 Mar/SBY dengan maksud supaya dalam pelaksanaan di lapangan tidak ada prajurit cidera. Barisan rapi 200 prajurit membentang panjang di jalan. Meski diguyur hujan, semangat jiwa kesatria tak luntur dari raut wajah prajurit Yonif-10 Mar/SBY. Latihan Hans Mars yang dimulai pukul 08:00 WIB pagi ini, diperkirakan memakan waktu kurang lebih 4 jam jarak tempuh.

Danyonif Mar 10 SBY Letkol Mar Charles Arianto Lumban Gaol melalui Kompi Bravo Yonif-10 Mar/SBY Kapten Mar Rasyid Ikhsan mengatakan, latihan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana mengukur kemampuan dasar dan kesiapan prajurit menghadapi kondisi lapangan. Raysid pun menegaskan kepada seluruh prajurit agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, sehingga sasaran dan tujuan latihan tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

“Melalui latihan ini, kita tingkatkan profesionalisme kita sebagai prajurit petarung dan pendarat korps marinir,” tegasnya.

Profesionalisme yang tinggi, lanjutnya, merupakan syarat utama yang harus dimiliki setiap prajurit. Untuk itu setiap prajurit diharuskan memiliki keterampilan dan ketangkasan. Latihan ini pun diharapkan mampu dimanfaatkan sebagai sarana meningkatkan hal tersebut. /SindoBatam.