DANKORMAR HADIRI WISUDA PURNAWIRA TNI AL

Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) dan Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menghadiri acara Wisuda Purnawira yang diikuti 78 Perwira Tinggi (Pati) dalam mengakhiri masa tugasnya kepada TNI AL, Bangsa dan Negara, di lapangan Arafuru AAL, Bumimoro Surabaya, Rabu (10/10/2018) petang.

 

Upacara Wisuda Purnawira di awali dengan parade surya senja dan bertindak selaku Inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dengan pasukan upacara terdiri dari satu Batalyon Korsik, satu Batalyon Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, satu Kompi Perwira Remaja, satu Batalyon Kowal, satu Batalyon Pomal, satu Batalyon Taruna AAL, satu Batalyon Koarmada II, satu Batalyon Kodiklatal serta satu Batalyon Korps Marinir.

 

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan, upacara ini merupakan salah satu tradisi khas TNI AL yang melambangkan pewarisan nilai-nilai kepemimpinan TNI AL kepada generasi penerus yang akan memulai masa pengabdiannya di lingkungan TNI AL.

 

Disamping itu juga menandai akhir sekaligus awal suatu pengabdian panjang para prajurit Matra Laut guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan negara. Upacara ini merupakan wujud penghormatan yang disampaikan dengan penuh ketulusan dan kebanggaan oleh seluruh jajaran TNI AL kepada para pendahulu atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdian tulus demi kemajuan dan kejayaan TNI AL.

 

Usai upacara Wisuda Purnawira, dilanjutkan dengan upacara tradisi di lapangan Banda depan Gedung R. Soebijakto yang dipimpin oleh Kasal. Upacara tradisi pelepasan Pati TNI AL diperuntukan setiap Pati TNI AL yang telah memasuki purna bakti dan sekaligus merupakan perlambang saat terakhir pengabdian seorang Pati setelah mendharmabaktikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan Negara. Upacara ini, merukan bentuk penghormatan yang tulus dari jajaran TNI AL kepada para pendahulu atas Darmabaktinya bagi kemajuan TNI AL.