SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN PUSAT LATIHAN KHUSUS DAN KOMANDAN PUSAT LATIHAN PASUKAN PENDARAT

Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Sarjito memimpin jalannya serah terima jabatan Komandan Pusat Latihan Khusus (Puslatsus) dan Komandan Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) di Lapangan Apel Puslatpasrat Gunungsari Surabaya, Jumat (26-10-2018).

 

Serah terima jabatan Komandan Puslatsus dari Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) kepada Letnan Kolonel Marinir Charles Ariyanto Limban Gaol dan Komandan Puslatpasrat dari Dankolatmar kepada Letnan Kolonel Marinir Anang Wijayanto tersebut merupakan proses kesinambungan pembinaan satuan dan dinamisasi suatu organisasi, yang bukan saja diarahkan untuk peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan namun lebih dari itu diarahkan untuk mendorong semangat pembaharuandan penyegaran pemikiran, diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi, pergantian jabatan jugaditujukan untuk meningkatkan kualitas organisasi sehingga lebih efektif dalam pelaksanaan tugas pokoknya dan mampu menghasilkan output yang sesuai harapan dari waktu ke waktu, ungkap Komandan Kolatmar dalam amanatnya.

 

Lanjut Dankolatmar, serah terima jabatan berarti juga sebagai peluang dan tantangan untuk membangun reputasi dan prestasi yaitu sejauh mana kepemimpinan, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan konseptual yang dapat dikembangkan, dengan harapan mampu memberikan manfaat bagi organisasi lingkungan strategis yang multi ndimensional.

 

Perlu diketahui bahwa Puslatsus adalah satuan pelaksana Kolatmar yang bertugas pokok melaksanakan penataran, kursus, pelatihan, latihan operasi khusus dan latihan para amfibi serta menguji kesiapan tempur satuan – satuan pelaksana Korps Marinir sedangkan Puslatpasrat adalah satuan pelaksana Kolatmar yang bertugas pokok melaksanakan dan menyelenggarakan latihan operasi amfibi, latihan koordinasi bantuan tembakan, latihan satuan bantuan administrasi, latihan embarkasi debarkasi personel dan material, serta melaksanakan kursus-kursus yang berkaiyan dengan operasi amfibi serta menguji kesiapan tempur satuan-satuan pelasana Korps Marinir yang professional.

 

Profesionalisme harus ditopang dengan berbagai kemampuan dan keahluan oleh setiap prajurit yang sadar akan dirinya sebagai prajurit matra laut yang bertugas di darat dan di laut. Dalam pelaksanaan tugas selama ini, Puslatsus dan Puslatpasrat telah berjalan dengan baik dan mampu memberikan kontribusi yang luar biasa dalam kemajuan dan prestasi kepada Korps Marinir yang membanggakan, khususnya Kolatmar.

 

Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Sarjito mengucapkan selamat kepada Letnan Kolonel Marinir Charles Ariyanto Lumban Gaol dan Letnan Kolonel Marinir Anang Wijayanto atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir sebagai Komandan Puslatsus dan Komandan Puslatpasrat yang baru. Dengan harapan dapat mengemban kepercayaan dan kehormatan tersebut dengan penuh tanggung jawab.

 

Serta kepada Ibu Charles Ariyanto Lumban Gaol dan Ibu Anang Wijayanto Komandan Kolatmnar memberi ucapan selamat dan semoga dapat mencurahkan waktu dan perhatiannya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga prajurit dilingkungan Puslatsus dan Puslatpasrat.

 

Hadir dalam Upacara Serah Terima Jabatan tersebut Wakil Komandan Komando Latih Korps Marinir Letkol Marinir Roy Budhi Subroto, seluruh Perwira Staf Kolatmar dan seluruh Dansatlak Kolatmar.