DANYONMARHANLAN XII PONTIANAK HADIRI ACARA TRADISI ROBO-ROBO

Dispen Kormar (Pontianak). Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XII Pontianak  Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, M.Tr Hanla, ikut menghadiri acara tradisi Robo-robo Kabupaten Mempawah tahun  2018 bertempat di Dermaga Kuala Desa Pasir Wassalim Jl. Daeng Manambon Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (07/11/ 2018).

 

Acara tradisi Robo-robo dibuka langsung oleh Pj Bupati Mempawah Gusti Ramlana, S.Sos, dengan tema " Robo - Robo Merajut Kebhinnekaan Pesona Indonesia Tradisi Warisan Budaya Lokal "

 

Dalam Sambutan Pj Bupati Mempawah menyampaikan bahwa Even budaya robo-robo merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. "Dengan Semangat Robo-robo Kita Lestarikan Nilai Kearifan Lokal Sebagai Aset Budaya Bangsa, mari kita bangun dan jaga keragaman budaya serta kita pelihara kearifan lokal demi kemajuan Kabupaten Mempawah dan untuk mensukseskan pariwisata di Kabupaten Mempawah " ucapnya beliau.

 

Sementara itu Pangeran Ratu Mulawangsa Istana Amantubillah Mempawah Dr. Ir Pangeran Ratu Mardan Adijaya menyampaikan bahwa event Robo - robo telah dijadikan event Kabupaten Mempawah yang setiap tahun harus  dilaksanakan, Tradisi robo - robo khususnya bagi masarakat Mempawah adalah mengenang napak tilas kedatangan Opu Daeng Manambon di Mempawah dan untuk mewujudkan rasa sukur atas melimpahnya hasil laut yang dirasakan oleh masyarakat Kuala Secapah atau Mempawah. "Budaya tradisi robo - robo harus tetap dipertahankan karena merupakan warisan leluhur dan bukti rasa shukur kepada Allah SWT atas melimpahnya hasil laut yang selama ini dirasakan oleh para nelayan" Pungkasnya

 

Kegiatan Robo-robo di awali dengan ziarah di makam Opu Daeng Manambon dan pembersihan pusaka  di krataon amantubillah kemudian dilanjutkan dengan ritual buang buang sesaji berupa hasil bumi untuk menolak balak di Kuala Mempawah.  usai ritual buang-buang rombongan Keraton Amantubilah/Pangeran Kembali menuju Kursi kehormatan dan di sambut dengan tarian sekapur sirih.

 

Hadir dalam acara ini Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregirius Agung WD.M.Tr.(Han),  Pangdam XII/Tpr di diwakili Staf Ahli Kolonel Inf E Tirak, Brigjen Pol Drs Suyatmo,M.Si kepala BNN Prov Kalbar, Kapolres Mempawah AKBP Didik Dwi Santoso,S.Ik, Kasdim 1201/Mph Mayor Inf Pitriadi serta Tokoh tokoh masyarakat dan toko agama Kalimantan Bara