SAMAPTA RUTIN PRAJURIT BATALYON KAPA 2 MARINIR

Dispen Kormar (Surabaya) Dalam rangka membina dan meningkatkan kemampuan fisik, prajurit Batalyon Kapa 2 Marinir (Yonkapa 2 Mar) melaksanakan samapta TW I TA. 2020, di Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung Ujung Surabaya. Selasa (14/01/2020).

 

Uji ketangguhan jasmani ini digelar sebagai upaya mengukur kemampuan dan kebugaran individu setiap prajurit, sehingga dalam pelaksanaan tugas operasional maupun tugas tugas lain yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik.

 

Kegiatan diawali dengan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan Resimen Kavaleri 2 Marinir, dilanjutkan dengan pemanasan dengan tujuan untuk memberikan pelemasan otot-otot demi tercapainya zero accident dalam pelaksanaannya.

 

Usai pemanasan, Kapten Mar Sarwin selaku Ketua Tim Garjas memberikan pengarahan kepada peserta garjas, agar kegiatan kesegaran jasmani ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, ikuti ketentuan yang berlaku, perhatikan faktor keamanan dalam pelaksanaan test kesegaran jasmani tersebut.

 

Samapta yang dilakukan oleh Prajurit Yonkapa 2 Mar meliputi baterai A lari 12 menit  dan baterai B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run.

 

Pada kesempatan tersebut, Pasi Pers Yonkapa 2 Marinir Kapten Mar Sarwin mewakili Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Letkol Marinir Jaka Sulistiana Putra, M.Tr. Opsla mengatakan, samapta tersebut dilaksanakan untuk mengukur stamina dan ketahanan fisik prajurit. Selain itu, juga sebagai sarana mengetahui kemampuan jasmani, sekaligus cauntuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, baik jasmani maupun rohani," tuturnya.