PERSONEL YONMARHANLAN X IKUTI UPACARA GELAR OPERASI GAKTIB DAN OPERASI YUSTISI POLISI MILITER TAHUN

Dispen Kormar (Jayapura). Personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura mengikuti Upacara Gelar Operasi Gaktib Dan Operasi Yustisi Polisi Militer Tahun 2020 yang bertema "Dengan Operasi Gaktib Dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2020 Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum Disiplin Dan Tata Tertib Prajurit Guna Membangun TNI Yang Profesional Dan Menjadi Kebanggaan Rakyat Menuju Indonesia Maju" bertempat di Lapangan Bola Frans Kaisepo Makodam XVII/Cenderawasih Jl. Setyapura II Polimak Atas Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura. Jum'at (14/02/2020)

 

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.Ip yaitu kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI. Prajurit yang profesional adalah prajurit yang memahami hukum dan mematuhinya, tidak hanya di masa perang tetapi juga di masa damai. Pemahaman dan kepatuhan terhadap hukum tersebut semakin mengemuka mengingat kompleksitas ancaman yang dihadapi oleh TNI. Perkembangan teknologi memungkinkan munculnya bentuk pelanggaran baru.

 

Dalam mengantisipasi meningkatnya kejahatan menggunakan media sosial dan media elektronik (kejahatan siber dan ITE), prajurit POM TNI harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menindak kejahatan yang dimaksud, guna membentengi pengaruh negatif medsos, serta menjaga nama baik TNI dari penyebaran berita palsu. Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi harus pula dikembangkan ke arah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi. Esensi operasi ini adalah proses berkelanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi Prajurit dan PNS TNI.

 

Turut hadir dalam upacara gelar, Danlantamal X, Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Asisten dan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, Para Asisten Danlantamal X, Para Pejabat Lanud Silas Papare, Danpomal Lantamal X, dan Dansatpom Lanud Silas Papare.