RUPANPUR YONIF 2 MARINIR PERTAJAM KEMAMPUAN MOUNTAINEERING

 Dalam rangka mengasah keberanian dan mental prajurit serta meningkatkan profesionalisme, Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Batalyon Infanteri 2 Marinir (Yonif 2 Mar) melaksanakan latihan Mountaineering di Lapangan Moutaineering Pasmar 1 Kesatrian Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Senin (03/05/2021). 

Dalam pelaksanaan latihan ini dipimpin langsung oleh Letda Marinir Hasbuna, dengan materi latihan meliputi pengenalan alat-alat pendukung pelaksanaan mountenering dan praktik Seat Repling. 

"Pemberian materi ini bertujuan untuk mengasah keberanian dan mental Rupanpur Yonif 2 Marinir serta meningkatkan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas-tugas Satuan ke depan yang semakin komplek," ujar Letda Marinir Hasbuna. 

“Sebelum menaiki Tower untuk melaksanakan kegiatan Mountenering tiap-tiap anggota harus melakukan cek ulang tali jiwa perorangannya guna memastikan tingkat keamanan prajurit dalam pelaksanaan kegiatan," tambahnya. 

Pada kesempatan lain, Komandan Batalyon Infanteri 2 Marinir Letkol Marinir Sri Utomo, M.Si(Han)., M.Tr.Opsla., mengatakan, bahwa mountenering adalah suatu kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan alam maupun buatan berupa naik dan turun tebing, bangunan, sungai, dan lembah dengan menggunakan peralatan untuk menunjang tugas pokok agar lebih efisien dan akurat. 

“Selain itu, Mountaineering ini merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan perorangan yang wajib dimiliki di hadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan resiko yang tinggi,” terangnya Danyonif 2 Marinir.