FULL MISSION PROFILE LATMA RECONEX 21-I TAIFIB MARINIR DAN MARINE FORCE RECONNAISANCE

Salah satu materi latihan yang diujikan pada latma Reconex 21-I adalah pelaksanaan Full Mission Profile (FMP) Combat Patroli Penyelidik, Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dan United States Marines Corps (USMC) 1st Force Reconnaisance Battalion melaksanakan latihan patroli penyelidik di wilayah Camp Pendleton California, Rabu (15/09/2021). 

Pada latihan kali ini diskenariokan,
Tim Taifib Marinir TNI AL dan Marine Force Reconnaisance melaksanakan long range navigation dari Delmar Assault Amphibian School Port menuju White Beach Camp Pendleton California dengan menggunakan lima Perahu Karet Combat Rubber Reconnaisance Craft (CRCC). 

Selanjutnya Tim Renang rintis gabungan Taifib Marinir TNI AL dan Marine Force Recon diluncurkan untuk meyakinkan pantai pendaratan (White Beach) aman dan siap didarati, maka seluruh Tim mendarat (Infiltrasi) dengan cepat kemudian  membentuk formasi patroli dilanjutkan menuju kordinat sasaran untuk melaksanakan pengamatan dan pemantauan terhadap aktifitas musuh, patroli sektor, perkuatan kubu-kubu pertahanan untuk dilaporkan ke satuan atas, setelah mendapatkan data data yang diinginkan Tim segera bergerak menuju titik Eksfiltrasi yang telah ditentukan menggunakan helikopter Osprey Milik USMC. 

Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Danyon Taifib 1 Mar) Letkol Marinir Mohommad Abdillah, M.Tr.Opsla., selaku Dansatgas Latma Reconex 21-I menyampaikan Latihan ini merupakan latihan puncak Latma Reconex 21- I, "Latma Reconex 21- I adalah kesempatan yang luar biasa dan telah  mendukung memperkuat hubungan antara sahabat dan memperkuat hubungan bilateral, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik operasi khusus, baik aspek darat maupun aspek laut bagi Prajurit Yontaifib Korps Marinir," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, latihan juga ditinjau oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han)., yang didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono serta jajaran Perwira Staf Sopsal dan Kormar. 

Disamping itu, Asops Kasal dan Dankormar memberikan apresiasi kepada  prajurit Taifib Marinir TNI AL yang tergabung dalam Latma Reconex 21- I atas semangat juang tinggi dan  kebanggannya terhadap pelaksanaan latihan tersebut. Dimana, itu merupakan bagian dari skenario latihan untuk menguji kesiapsiagaan prajurit dalam menghadapi berbagai ancaman musuh yang setiap saat dapat terjadi.