PRAJURIT YONIF 5 MARINIR LAKSANAKAN OPERASI MOBILE UDARA (MOBUD) DI ASEMBAGUS

Dispen Kormar (Situbondo). Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan Operasi Mobile Udara (Mobud) dalam Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II Aspek Laut Tahun 2021 di Pusat Latihan operasi Amfibi Korps Marinir, di Kawasan Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Rabu (15/09/2021).

Operasi Mobile Udara (Mobud) yang dilakukan oleh 2 Regu Prajurit Yonif 5 Marinir dibawah pimpinan Letda Mar Alter Bulantimuhe tersebut dengan menggunakan Heli Bell HU 4205 skuadron udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal dengan pilot Letda Laut (P) Marten Tans Putra dengan copilot Letda Laut (P) Tanta. Latihan tersebut bertujuan untuk mengejar kemudian menghancurkan sasaran musuh dan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok sebagai pasukan pendarat amfibi Korps Marinir

Mobile Udara (Mobud) adalah suatu bentuk operasi dimana pasukan tempur berpindah taktis melalui udara dengan di muat oleh Pesawat terbang/Helikopter kemudian menuju ke sasaran di bawah kendali komando tugas untuk dilibatkan dalam pertempuran darat.

Sementara itu, Komandan Pasukan Pendarat (DanPasrat) Marinir Letkol Mar Widarta Kusuma, S.E., M.Tr.Opsla mengatakan, kegiatan Mobile Udara tersebut dilaksanakan dalam rangka Latihan Satuan Lanjutan II Aspek Laut Tri Wulan III tahun 2021, yang bertujuan melatih kemampuan taktik, teknik dan keterampilan tempur prajurit Yonif 5 Marinir, dengan harapan setiap prajurit dapat berkerja sama antar satuan tingkat Kelompok maupun tingkat Regu sehingga menjadi prajurit yang terlatih, loyal, profesional dan militan.

Selama kegiatan tetap mengutamakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.