Pelatih Kolatmar Sebagai Tim Penilai Latihan Operasi Pertempuran Kota

Dispen Kormar (Surabaya). Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) menerjunkan Tim Penilai dari Mako Kolatmar, Puslatsus , PLP 3 Grati dan PLP 4 Purboyo dibawah Pimpinan Mayor Marinir Khumaidi beserta 5 Perwira lainnya melaksanakan Penilaian terhadap Latihan Operasi Pertempuran Kota/Military Operations On Urban Terrain (MOUT) TA. 2021 yang pembukaan latihannya dilaksanakan di Bapra Gedung Edianto Brigif 2 Mar Sidoarjo pada Rabu (27/10/2021).

Latihan diawali dengan Pembukaan Gladi Posko dilaksanakan dari tanggal 27 Oktober s. d 31 Oktober 2021 kemudian dilanjutkan Gladi Lapang dari tanggal 03 November s.d 06 November 2021 di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya.

 
Latihan Gladi Posko dipimpin oleh Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Joko yang membacakan sambutan
Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menyampaikan, bahwa sepanjang sejarah peperangan, kota selalu memiliki arti penting, baik sebagai wilayah yang harus dipertahankan maupun wilayah yang harus direbut tergantung pada perspektif masing-masing pihak yang bertempur. Disampaikan juga bahwa perkotaan merupakan pusat populasi, jaringan transportasi, infrastruktur pemerintahan, sumber kesejahteraan, pusat industri, jaringan informasi serta simpul kunci dari jaringan komunikasi ke seluruh wilayah di suatu negara.

Lebih lanjut dikatakan, dalam perang modern telah terbukti bahwa pihak yang mampu menguasai kota, akan bisa memenangkan pertempuran. Dalam peperangan kota memiliki medan lebih kompleks sehingga membutuhkan perencanaan khusus dengan taktik dan teknik yang spesifik. Dengan pertimbangan tersebut, maka Satuan-satuan militer sudah mulai mengembangkan prosedur latihan pertempuran di wilayah perkotaan dengan lebih intens agar bisa melaksanakan tugas yang diberikan Komando Atas.

“Dengan terselenggaranya Latihan Pertempuran Kota Korps Marinir TA. 2021 yang akan dilaksanakan di Kota Sidoarjo, Jawa Timur, diharapkan Pasmar 2 akan mampu menjawab tantangan tugas melalui peningkatan kemampuan dan profesionalisme prajurit Korps Marinir,” tegas Komandan Korps Marinir.
 

Ketua Tim (Katim) Penilai dari Kolatmar Mayor Khumaidi menjelaskan, bahwa timnya telah dibekali beberapa ceklis penilaian terhadap jalannya latihan antara lain; ceklis Gladi Posko Ops Pur Kota, Serangan Kota, Bunis INF dan Tank, Sniper, Stabo dan Fast rope, Junpur, Check list Pertempuran Jarak dekat dan lain sebagainya.
 
"Peserta latihan di harapkan dapat melaksanakan kegiatan latihan dengan penuh semangat dengan berpedoman dengan Juklak, RenLap dan Renlat yang sudah dibuat agar sesuai dengan prosedur mekanisme latihan dengan tidak meninggalkan Petunjuk keamanan dan Protokol kesehatan Covid 19", jelas Perwira Marinir berpangkat Mayor tersebut.