Prajurit Yonzeni 2 Mar Suplai Air Bersih Bagi Korban Bencana Alam

Dispen Kormar (Malang),- Batalyon Zeni 2 Mar yang tergabung dalam latihan penanggulangan bencana alam TA.2021, mensuplai kebutuhan  air bersih dan layak konsumsi untuk masyarakat dengan menggunakan mesin penjernih air yang bernama "Sea Water Osmosis Desalite type BHJB-SWRO" di daerah Pantai Tamban, Malang Selatan. Jumat (03/12/2021)

Dalam latihan ini disimulasikan prajurit Yonzeni 2 Mar yang tergabung dalam satgas operasi penanggulangan bencana alam, melaksanakan penjernihan air layak konsumsi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk minum, masak dan mandi bagi para korban bencana alam. Disamping itu pula beberapa personil Yonzeni 2 Mar dari Peleton Zeni Konstruksi melaksanakan pemotongan pohon yg merintangi jalan serta perbaikan tempat ibadah yang rusak karena bencana alam supaya dapat dimanfaatkan lagi oleh masyarakat sekitarnya. 

Perlu diketahui proses penyaringan air laut menjadi air tawar yang bersih untuk keperluan MCK memerlukan waktu 1 jam dengan menghasilkan 200 ltr air, sedangkan untuk air konsumsi dalam  waktu 1 jam mampu menghasilkan 100 ltr air siap minum. Proses penjernihan air sungai menjadi air bersih ini memerlukan bahan-bahan kimia sebagai pengelolaan air kotor yang akan disaring menjadi air layak pakai maupun konsumsi dengan memerlukan bahan seperti, Karbon, Kaporit, Baking soda dan senyawa  lainnya.

Problem latihan penjernihan air bersih dan perbaikan tempat ibadah ini disaksikan langsung oleh Komandan Batalyon Zeni 2 Mar Letkol Mar Eko Puji S, M.M, S.H, M.Tr.Opsla., dalam kesempatan tersebut Danyon Zeni 2 Mar berpesan agar latihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar para prajurit Yonzeni 2 Mar mahir dalam mengawaki material yang dipertanggung jawabkan kepadanya sehingga semakin profesional dalam setiap penugasan.