Antisipasi Tugas Kedepan, Prajurit Yonbekpal 2 Mar Berlatih Air Supply

Mata Elang (Surabaya),- Melihat pentingnya pengetahuan tentang perbekalan dimedan operasi, maka Yonbekpal 2 Mar terus mengasah ketrampilannya pada latihan penanggulangan bencana (PBA) Tahun 2021 salah satunya melaksanakan latihan pendistribusian bekal melalui udara yaitu (air supply) yang dilaksanakan didesa Tambakrejo Kecamatan Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang. Jum'at (03/12/2021).

Pada saat awal terjadi bencana pengiriman bekal kritis sangat diperlukan kecepatan untuk mengurangi penderitaan korban bencana. Apabila jalur darat dirasa kurang mampu menjangkau jarak jangkauannya, maka pendistribusian dengan cara air supply adalah pilihan terakhir. Materi latihan ini meliputi marshalling helly, menentukan titik koordinat pendaratan bekal serta prosedur pengamanan.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., ikut meninjau pelaksanaan latihan ini dan menjelaskan bahwa pendistribusian bekal adalah salah satu kegiatan fungsi logistik yang mendukung berhasilnya sebuah operasi. Makin baik dan terencananya tugas, maka akan bertambahnya daya guna dari kesatuan militer tersebut.

Sementara itu, Komandan Yonbekpal 2 Mar Letkol Mar Dany Christiawan SP selaku Wasdal dalam latihan ini berpesan agar seluruh prajurit dapat berlatih dengan serius dan bersungguh-sungguh, sehingga pelaksanaan latihan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jangan lupa utamakan faktor keamanan personel dan material.