PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA JALASENASTRI YONMARHARLAN XII ZIARAH KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN

Ketua Korcab XII DJA 1 Ny. Noni Andi Rukman didampingi Ketua Ranting F Cabang 1 Korcab Pasmar 1 Yonmarhanlan XII beserta pengurus dan segenap prajurit jajaran Lantamal XII Pontianak mengikuti upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) "Dharma Patria Jaya" Jl. Adi Sucipto, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (13/01/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman dihadiri Wadanlantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.Ap., M.Si(Han)., para Kasatker, Paban/Pabandya serta Pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA 1 dan Pengurus Jalasenastri Ranting F Cabang 1 KP 1 Yonmarhanlan XII.

Momentum Hari Dharma Samudera tahun 2022 yang diperingati dalam bentuk upacara ziarah dan tabur bunga ini bertujuan untuk mengenang jasa para Pahlawan dan meneladani jiwa patriotisme para Kusuma bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan menorehkan sejarah nasional dalam peristiwa heroik Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962 silam. 

"Peringatan hari Dharma Samudera tahun 2022 kita peringkat dengan harapan dapat menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan jiwa patriotisme generasi muda untuk meneruskan perjuangan para Pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia dengan prestasi positip dan dedikasi yang dilatarbelakangi jiwa nasionalisme dalam bingkai NKRI," kata Danlantamal XII Pontianak.

Guna mencegah terjadinya cluster baru penularan Covid-19 di Hari Dharma Samudera, maka dalam kegiatan upacara tersebut seluruh rangkaian acara menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan membatasi jumlah peserta dan pasukan upacara.