Kenang Pertempuran Laut Aru, Prajurit Petarung Yonmarhanlan VI Ikuti Upacara Dharma Samudera

Dispen Kormar (Makassar). Prajurit Patarung Yonmarhanlan VI Makassar mengikuti Upacara dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar, Kolonel Marinir Marsono di Lapangan Apel Arafuru Lantamal VI Makassar. Sabtu (15/01/2022).

Upacara Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh hikmat ini diikuti oleh Danyonmarhanlan VI Makassar Mayor Marinir Alex Zulkarnain, Para Asisten Danlantamal VI, Perwira Staf, Kasatker serta seluruh Prajurit dan PNS Lantamal VI Makassar. 

Kegiatan upacara yang diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah pertempuran laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VI menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Dharma Samudera kiranya dapat memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai Patriotisme, Heroisme serta Kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta. Meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis dengan masa lalu, namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah, apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang, Kapanpun Tugas Negara Memanggil, Akan Kita Pertaruhkan Jiwa dan Raga di Bawah Panji Merah Putih.

Danyonmarhanlan VI Makassar juga menyampaikan bahwa Hari Dharma Samudera ini pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai perjuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia. "Nilai-nilai kejuangan Komodor Yos Sudarso wajib diwarisi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan", ujarnya.

Seluruh rangkaian upacara berjalan tertib dan lancar dengan tak lupa menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19.