DANBRIGIF 3 MAR PASMAR 3 PIMPIN UPACARA PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA

Komandan Brigade Infanteri 3 Marinir (Danbrigif 3 Mar) Kolonel Mar Edi Prayitno, S.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022 bertempat di Lapangan Apel Mako Brigif 3 Marinir Kesatrian Marinir Katapop Abraham Octavianus Atururi, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sabtu (15/01/2022).

Hari Dharma Samudera merupakan hari yang dirayakan oleh TNI Angkatan Laut setiap tahunnya dalam rangka mengenang jasa Pahlawan yang gugur dalam pertempuran Laut Arafuru pada tanggal 15 januari 1962.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari persiapan pasukan, laporan Perwira Upacara (Paup), laporan Komandan Upacara (Danup), pembacaan Sejarah Singkat Pertempuran Laut Arafuru, mengheningkan cipta dan amanat.

Dalam upacara tersebut dibacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang menyampaikan bahwa momentum peringatan hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang Samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta. 

Selanjutnya, meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa lalu, namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang. “Kapanpun tugas negara memanggil, akan kita pertaruhkan jiwa dan raga di bawah Panji Merah Putih,” ucapnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Danmenkav 3 Marinir Kolonel Mar Tommy Dwijanto, CTMP, Para Komandan Satlak serta para Perwira jajaran Pasmar 3 Katapop. Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman dan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.