Sosialisasi Konservasi Elang Jawa Kadudampit oleh TNGGP bersama Puslatpurmar 6 Antalina

Dispen Kormar (Sukabumi) Menindaklanjuti Perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, tentang jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

Puslatpur Marinir-6 Antralina hadiri Sosialisasi Pendidikan Konservasi Elang Jawa di pusat pendidikan konservasi Elang Jawa yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA , bertempat di Resort Cimungkad, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Jum'at, (27/05/2022).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, CEO PT. Taman Safari Indonesia, Jansen manansang, unsur Dirjen Ksdae Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Balai Besar TNGGP Wasja, S.H, Sekditjen KSDAE Suharyono, S.H., M.H., Kasubdit Wasterpamobvit Polda Jabar AKBP Hilman Muslim dan Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi Hendra Wijaya, S.Hut., M.Si., Babinsa Koramil, Kapolsek Kadudampit, Camat Kadudampit dan Tokoh Masyarakat.

Kepala BBTNGGP Wasja, S.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa di resort cimukad ini merupakan salah satu resort yang ada di bidang PTN wilayah 2 Sukabumi yang memiliki luas kurang lebih ada 93,06 Hektar yang didalamnya saat ini terdapat satu bangunan yang ikonik kita fungsikan sebagai pusat pendidikan konservasi elang jawa.

"Jadi pusat pendidikan konservasi elang jawa ini adalah sebuah bagian dari program taman nasional yang ingin melestarikan peneliti, kemudian menelurkan karya besar yang sampai saat ini kita abadikan yaitu sebagai penemu elang jawa karenanya kita juga nanti dalam perencanaan ke depan akan dijadikan museum dan bagi para siswa-siswi yang ikut sosialisasi pada hari ini harus diberikan pemahaman bagaimana mengolah hutan konservasi salah satunya adalah taman Nasional Gunung Gede Pangrango."Ucapnya.

Komandan Puslatpur (Danpuslatpur) Marinir-6 Antralina, Letkol Marinir Ombun Tarera Sipahutar, M. Si. (Han)., M. Tr. Opsla mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi adanya sosialisasi Konservasi Elang Jawa yang digelar oleh BBTNGGP Cimungkad.

"Saya sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini dikarenakan sangat penting bagi wawasan dan ilmu para siswa/siswi dan pelajar baik tingkat SD, SMP dan SMA agar mereka ditengah pesatnya perkembangan tekhnologi pada saat ini untuk tetap saling menjaga kelestarian dari Fauna langkah yang ada di Indonesia termasuk salah satunya populasi Elang Jawa."Ujarnya.

"Selain itu, kami Puslatpur Marinir-6 Antralina juga ke depan akan selalu bersama ikut menjaga kelestarian populasi Elang Jawa yang ada di wilayah Sukabumi,"Tutupnya.