DANKORMAR BESERTA KETUA GABUNGAN JALASENASTRI KORMAR HADIRI PENGUKUHAN TAMBUR MAYOR GS GITA JALA TAR

Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Wid Widodo Dwi Purwanto, menghadiri acara Pengukuhan Tambur Mayor Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) oleh Ibu Taruna AAL yang juga Ketua Umum Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono dengan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Pada kesempatan tersebut Ibu Taruna AAL, mengukuhkan Sermadatar (E) Benecdic Rosa Sitorus selaku Tambur Mayor 1 dan Sermadatar (S) Dina Khaerunisa selaku Tambur Mayor 6 Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL. Sebelumnya jabatan itu dipegang oleh Sermatutar (S) Rizky Taufikhur Rokhman dan Sermatutar (P) Devi Maulidya. Acara berlangsung dalam sebuah upacara Parade Surya Senja di Lapangan Arafuru, Bumimoro, Surabaya, Kamis (23/06/2022).

Acara tradisi penyerahan alat Genderang Suling dari Taruna AAL Tingkat IV Angkatan 67 kepada Taruna AAL Tingkat III Angkatan 68 dan pengukuhan Tambur Mayor, diawali dengan atraksi Tambur Mayor lama melempar stick kepada Tambur Mayor yang baru. Selanjutnya Ibu Taruna AAL melepas Pet dan menggantikannya dengan Pet Jambul Tambur Mayor GS Gita Jala Taruna AAL.

Dalam amanatnya Ibu Taruna AAL menyampaikan bahwa, Parade Surya Senja merupakan serangkaian Acara Serah Terima Jabatan Komandan Resimen Korps Taruna dan Serah Terima Jabatan Tambur Mayor GS Gita Jala Taruna AAL, merupakan pembelajaran organisasi untuk Taruna dan Taruni AAL. "Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI AL, selain sebagai regenerasi juga untuk kaderisasi Kepemimpinan," ungkap Ibu Taruna AAL dalam amanatnya.

Selain itu, Serah Terima Jabatan menunjukkan sifat legowo Taruna dan Taruni, senior yang menyerah tambuk kepemimpinannya kepada Taruna dan Taruni junior. Sedangkan bagi pejabat Penatarama GS Jala Taruna AAL yang baru, diberi kesempatan untuk memiliki rasa tanggung jawab, serta rasa kebanggaan sebagai penerus kepemimpinan, sehingga diharapkan mampu menunjukkan integritas untuk mengemban amanah yang diberikan.

Mengakhiri amanatnya sebelum pengukuhan Tambuk Mayor, Ibu Taruna AAL menyampaikan beberapa penekanan dan harapan antara lain, selalu berdo'a dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu sarana untuk menambah kepercayaan dan kebanggaan kepada Taruna dan Taruni AAL, kegiatan GS Gita Jala Taruna dan Taruni AAL selain lebih meningkatkan disiplin prajurit, dan pembentukan karakter bagi Taruna dan Taruni AAL dalam melaksanakan tugas kedinasan kedepannya nanti, juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam kedinasan dan setiap kegiatan. Serta bagi Taruna Tingkat IV, setelah dilantik akan menjabat sebagi seorang Perwira Divisi di KRI dan Komandan Peleton di Satuan Marinir. 

"Selamat menyongsong pelantikan sebagai Perwira Muda, dan selamat memulai karir serta pengabdian kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara," pungkas Ibu Taruna AAL pada akhir amanatnya.

Turut hadir pada acara, Pejabat Utama Mabesal beserta istri dan Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta, Surabaya dan Sorong beserta istri.