Prajurit Korps Marinir Laksanakan Puncak Latma Rimpac 2022

Dispen Kormar (Hawaii). Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 Marinir TNI Angkatan Laut Melaksanakan Puncak Latihan Yaitu Free Play di Marine Corps Base Hawaii, Amerika Serikat (AS). Senin (01/08/2022).

Terhitung sejak 20 juli 2022 hingga 31 juli melaksanakan R2P2 (Rapid Response Planning Process) dengan menggunakan kapal USS ESSEX prajurit korps marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 Marinir TNI Angkatan Laut Melaksanakan Puncak Latihan yaitu Free Play dengan perintah operasi untuk merebut dan menduduki Objek Sasaran.

Free Play sendiri merupakan tahapan rangkaian puncak latihan dari berbagai tahapan latihan yang telah di laksanakan selama pelaksanaan Latma Rimpac 2022 yang dalam tahap ini Korps Marinir Tergabung bersama USMC, ROK MARINES (Marinir Korea) dan Chile untuk mensterilkan Landing Zone DOVE.

Dalam latihan ini sendiri skema penyerangan korp marinir menggunakan Heli MV 22 Osprey dari Kapal USS ESSEX prajurit korps marinir yang tergabung dalam Free Play melaksanakan DV Day Check bersama di hangar USS ESSEX guna mempersiapkan perlengkapan dan pengecheckan shorte penerbangan yang akan ditempuh sekitar 2 jam menuju Landing Zone DOVE.

Setelah melakukan perjalanan udara menggunakan heli prajurit korps marinir mendarat dan langsung menempati sektor pengamanan yang sudah dibagi berurutan mulai dari USMC, ROK MARINES (Marinir Korea) dan Chile untuk mengamankan area luar dari landing zone DOVE yaitu sektor A.

Dengan menempatinya posisi yang sudah di amankan dan serangan oleh ROK Marines dari Kapal ROKS MARADO menggunakan KAAV sampai menumbur pantai dan bantuan serangan roket USMC menutup rangkaian serangan dan direbutnya Landing Zone Dove oleh Satgas Latma Rimpac 2022.