PRAJURIT RODA RANTAI BATALYON TANK AMFIBI 1 MAR LAKSANAKAN LPD HALANG RINTANG

Dispen Kormar (Jakarta). Untuk meningkatkan kemampuan individu prajurit, Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir (Yontankfib 1 Mar) melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (LPD) TW III tahun 2022 materi Halang Rintang yang bertempat di Lapangan Halang Rintang Agusni Jumasri Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan. Kamis (04/08/2022).

Halang rintang merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap prajurit. Prajurit yang melaksanakan latihan Halang rintang ini harus melewati 20 rintangan dengan mengenakan perlengkapan Lengkap meliputi Pakaian PDL, Sepatu PDL, Kopel, sangkur, helm dan senjata Laras Pajang. Sebelum melaksanakan latihan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada seluruh prajurit dan dilanjutkan pemanasan untuk mengurangi cedera atau korban pada saat latihan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan LPD ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kesiapan tempur satuan yang sangat ditentukan oleh setiap personel di dalam melaksanakan tugas sesuai pangkat dan jabatannya, baik secara individu maupun satuan serta kegiatan ini juga merupakan program prioritas dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono S.E M.M untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL khusunya Marinir yang unggul dan profesional dalam mengasah keterampilan dan kemahiran Prajurit.

Sementara itu, Komandan Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir Letkol Mar Wilibrordus M.Tr.Opsla., mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan fisik yang dimiliki prajurit Yontankfib 1 Marinir dalam mengatasi rintangan.

"Laksanakan latihan dengan serius dan utamakan faktor keselamatan dan keamanan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.