PRAJURIT YONMARHANLAN IV TPI LATIH SELAM DASAR UNTUK HAPKIDO TANJUNGPINANG

Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang memberikan pelatihan selam dasar scuba diver one star Possi kepada 11 orang Hapkido-in Tanjungpinang (Hapkido adalah salah satu jenis bela diri dari Korea) selama 12 hari di Tanjungpinang terhitung mulai tanggal 01 – 12 Maret 2017.

 

Pelatihan selam dasar scuba diver one star  Possi bertujuan untuk memberikan pengetahuan menyelam kepada Hapkido-in selain mempunyai pengetahuan olah raga bela diri, disamping itu juga mampu menyelam untuk menumbuhkan kecintaan terhadap laut bagi generasi penerus bangsa. Karena dilaut banyak potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah baik diatas laut maupun di dasar laut. Sehubungan dengan menyelam para peserta diberikan pengetahuan bagaimana kita menjaga potensial biota laut yang begitu indah dimana terhadap tumbuhan dan hewan laut yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dimana nantinya dapat berguna untuk kebuthan hidup masyarakat nelayan pada khusunya dan masyarakat luas pada umumnya.

 

Selain biota laut yang baik, peserta juga diperlihatkan dampak pengerusakan terumbu karang yang dirusak oleh oknum orang yang tidak memiliki pengetahuan dan tidak bertanggungjawab. Korps Marinir dalam hal ini sudah memberikan kontribusi terbaik terhadap perusakan terumbu karang dengan melakukan kegiatan akbar dengan cara mentrasplantasi terumbu karang serta menanamnya di area/spot yang mengalami pengerusakan yang sangat parah diseluruh Indonesia.

 

Para peserta pelatihan selama 12 hari menerima pelajaran teori-teori di kelas kemudian pelajaran tahap kolam lalu diakihiri dengan  pelajaran tahap laut. Pada puncak latihan kepada para peserta pelatihan  dapat merasakan bagaimana cara menyelam yang baik sesuai dengan prosedur dimana menyelam kebawah laut kedalaman 10 meter.

 

Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Mayor Marinir Wira Dharma Lumban Gaol selaku penanggung jawab pelatihan mengatakan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pelatihan berjalan dengan tertib, lancar dan aman, yang menarik dalam pelatihan kali ini dari 11 orang peserta dari Hapkido-in terdapat dua orang peserta wanita yang mengikuti pelatihan selam sehingga menjadi inspirasi bagi kapara wanita-wanita muda untuk dapat tertarik dengan menyelam dan kecintaan terhadap laut. Para peserta nantinya setelah selesai pelatihan selam akan diberikan brevet scubar diver one star, sertifikat dan kartu selam yang diterbit oleh Possi pungkasnya.