PRAJURIT PASMAR-1 GELAR GELADI POSKO-1 TA. 2017

Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han) secara resmi membuka Latihan Geladi Posko-1 TA. 2017 di Gedung Edianto Balai Prajurit Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Selasa (13/06/2017).
 
Dalam amanatnya Komandan Pasmar-1 mengatakan, Geladi Posko merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan para Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup berbagai hal diantaranya keterpaduan (interoperability, kerja sama dan koordinasi) dalam pengambilan keputusan militer (Biltus), mekanisme proses pengambilan keputusan militer (PPKM), taktik dan teknik operasi amfibi, olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam suatu pos komando serta komando pengendalian operasi.

Hal tersebut sesuai dengan tugas Pokok Pasmar-1, lanjutnya, yaitu membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan tempur unsur-unsurnya dalam melaksanakan operasi pendaratan amfibi, pertahanan pangkalan TNI AL, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta tugas-tugas operasi tempur lainnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa latihan tersebut bukanlah suatu hal yang baru di lingkungan Korps Marinir, namun demikian harus tetap dilaksanakan dengan dilandasi motivasi, dedikasi dan serius, sehingga melalui kegiatan tersebut dapat dilaksanakan evaluasi dan intropeksi tentang posisi, kekuatan, kesiapan perencanaan operasi, kemudian disusun langkah-langkah ke depan yang lebih baik.

“Hasil latihan harus dapat melandasi pembinaan karakter hingga menjadi jati diri setiap prajurit Pasmar-1 sebagai pasukan pendarat amfibi Korps Marinir. Kita semua harus menyadari bahwa keberhasilan dari suatu operasi tempur, senantiasa diawali dengan perencanaan yang baik,” tegas orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu.
 
Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta latihan, yaitu agar melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi, memunculkan kreatifitas serta inovasi yang cerdas dalam penyelenggaraan latihan dengan berpedoman pada referensi latihan. Menguasai dan memahami setiap materi latihan yang diberikan sesuai tugas dan fungsi sehingga mampu menjadikan nilai tambah dalam penugasan, selain itu juga memanfaatkan teknologi komputerisasi dalam mendukung latihan, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu mengawali kegiatan dengan berdoa memohon bimbingan dan petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Pasmar-1 menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan dengan harapan semoga kegiatan latihan tidak mengganggu kekhusukan ibadah puasa.

“Marilah kita ciptakan kerukunan dan toleransi antar umat beragama di lingkungan Korps Marinir, karena sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu membina toleransi pada kondisi apapun termasuk dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan,” pungkasnya.

Usai upacara pembukaan, Komandan Pasmar-1 melaksanakan peninjauan ke Posko Komando Gladi (Kogla), Posko Pasrat 1 dengan Komandan Pasrat Kolonel Marinir I Made Sukada dan Posko Pasrat 2 dengan Komandan Pasrat Kolonel Marinir Ainur Rofiq.

Sementara itu Wakil Direktur Latihan Kolonel Marinir Agung Trisnanto mengatakan, Geladi Posko-1 TA. 2017 melibatkan 180 personel terdiri dari 140 personel sebagai pelaku dan 40 personel sebagai penyelenggara beserta pendukung.

Latihan akan dilaksanakan hingga 19 Juni 2017, lanjutnya, dengan melatihkan dua Pasrat yaitu Pasrat 1 dan Pasrat 2.