KOMANDAN KORPS MARINIR SAMBANGI YONMARHANLAN IV NEGRI SERIBU PANTUN

Dispen Kormar (Tanjungpinang). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr(Han), mengunjungi Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang, Jl Hang Tuah No.3 Tanjungpinang Kepulauan Riau, Kamis (31/08/2017).

Dankormar sebelumnya berada di Batam untuk meninjau jalannya latihan Yontaifib-2 Marinir dan mengunjungi Yonif-10 Marinir. Pada kunjungan perdananya ke Tanjungpinang, Dankormar di Markas Petarung Gurita Perkasa disambut dengan pengalungan bunga, tarian persembahan khas adat melayu dan menerima topi kebesaran adat masyarakat Melayu yaitu “Tanjak” yang diserahkan langsung oleh Danyonmarhanlan IV Letkol Marinir Didik Iwan S, S.E., M.Tr.Hanla. Setelah itu, Dankormar menerima Laporan Komando yang disampaikan oleh Danyonmarhanlan IV, foto bersama dan diakhiri tatap muka dengan segenap prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang.

Pada tatap muka Dankormar mengatakan bahwa, prajurit Yonmarhanlan IV adalah pasukan terdepan, ujung tombak dari pasukan Marinir yang berada di Wilayah Kepulauan Riau.

“Untuk itu siapkan fisik dan isi pengetahuan yang baik, mengingat semakin cepatnya perkembangan teknologi saat ini, sehingga kita bisa tampil secara professional disetiap palagan pertempuran dimanapun juga,” tegasnya.

Lebih jauh orang nomor satu di Koprs Baret Ungu ini mengatakan bahwa, Koprs Marinir akan mengawali dengan menyeragamkan semua Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dari pengadaan setiap tahunnya, mengingat sampai saat ini tidak ada keseragaman pengadaan baju PDL tersebut dari tahun ketahun, kesergaman penjagaan yang di cat warnai agak gelap, hal ini menunjukkan kewibawaan penjagaan tersebut, kebersihan taman, gedung dan kerapihan ruang-ruangan serta menjadikan Korps Marinir menjadi prajurit yang modern dan professional.

Kedepan dalam rangka HUT ke-72 TNI rencananya upacara Parade dan Devile akan diselenggarakan di Cilegon, dimana pasukan Korps Marinir menampilkan demo Pencak Silat, Parade Ranpur, Halang Rintang di laut serta Parade dan Defile. Sementara itu dalam rangka HUT ke-72 Korps Marinir, akan diselenggarakan Renang Selat Sunda Old and New.

“Prajurit Yonmarhanlan IV harus ambil bagian pada rencana akbar tersebut,” ucapnya.

Selain itu akan diadakan pameran budaya dan kesenjataan di Lapangan Apel Kesatrian Hartono Cilandak Jakarta Selatan, pungkas Dankormar.

Hadir pada kunjungan tersebut Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Danbigif-3 Mar Kolonel Marinir Umar Farouq , Kadisprov Kormar Kolonel Marinir Encep Gumelar, Asops Danpasmar-2 Kolonel Marinir Kresno Pratowo,  Danyontaifib-2 Mar Letkol Marinir Rino Rianto ST Han, Danyonif-10 Mar Letkol Marinir Carles Arianto Lumban Gaol serta perwira Yonmarhanlan IV Tanjungpinang.