KORPS MARINIR PERINGATI HARI JADI TNI AL KE 72 TAHUN 2017

Dispen Kormar (Jakarta). Korps Marinir TNI AL memperingati puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Asisten Intelijen Komandan Korps Marinir (Asintel Dankormar) Kolonel Marinir Widodo selaku Inspektur Upacara yang berlangsung di Lapangan Apel Brigif-2 Mar Pasmar-2 Cilandak, Jakarta Selatan. Senin (11/09/2017).

Peringatan HUT TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September mengambil tema “Bersama Rakyat, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.
 
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asintel Dankormar menyampaikan bahwa hakekat Upacara Peringatan Hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus kita pahami.

Pertama, Makna Keimanan dan Ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 Tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut. Kedua, Makna Historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, Makna Evaluativ, sebagai momentum instrospeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.   

Lebih lanjut, dikatakan, sejalan dengan poros maritim dunia, Pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebijakan ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau–pulau terluar dan strategis yaitu Natuna, Yamdena Salaru, Morotai, Biak dan Merauke.

“Untuk mencapai sasaran tersebut maka, kebijakan pembangunan TNI AL ke depan akan dititikberatkan pada beberapa bidang prioritas, yaitu mempertajam orientasi modernisasi dengan menghapus alutsista tua dan menggantikan dengan alutsista baru, menguatkan kemampuan TNI Angkatan Laut di pulau terluar strategis, membangun pangkalan untuk menyiapkan kekuatan.” Ungkap Kasal.

Hadir dalam acara tersebut pejabat utama Korps Marinir, pejabat Pasmar-2, para Komandan Kolak dan Satlak di jajaran Pasmar-2.