PASINTEL LANMAR SBY PIMPIN UPACARA HARI JADI TNI ANGKATAN LAUT KE 72

Perwira Staf Intelejen Pangkalan Korps Marinir Surabaya (Pasintel Lanmar Sby) Letkol Mar Suprihatin mewakili Komandan Lanmar Sby Kolonel Mar Mauriadi memimpin Upacara peringatan Hari Jadi ke-72 TNI-AL Tahun 2017 di Lapangan Apel Trian Mar Usman Jalan Opak No.9 Surabaya, Senin (10/09/2017).

Upacara peringatan hari Jadi TNI-AL yang diawali dengan pembacaan sejarah singkat TNI-AL ini diikuti oleh segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil ( PNS) lanmar Sby , pengucap sapta marga oleh I. Ketut Eka .P dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Mar I. Dewa Made .S yang sehari hari menjabat sebagai Kasi UDK Kima Lanmar Sby.

Dalam Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi, S.E.,M.A.P. yang dibacakan oleh Pasintel Lanmar Surabaya Letkol Mar Suprihatin menyampaikan Upacara peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting diantaranya, pertama, Makna keimanan dan ketaqwaan, sebagai ungkapan  rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindunganNya, selama 72 Tahun  masa pengabdian TNI-AL, kedua, makna historis, sebagai upaya pelestarian momentum awak kelahiran dan perjuangan TNI-AL dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan Negara, dan ketiga makna evaluatif sebagai momentum instropeksi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas dimasa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut, Sebagai komponen kekuatan pertahanan Negara yang sadar akan jati dirinya sebagai Tentara Nasional yang terlahir dari rakyat TNI –AL senantiasa menjunjung tinggi dan membulatkan tekat dan kotmitmennya untuk terus bersama sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat menganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalanya pembangunan Nasional oleh karena itu peringatan Hari Jadi TNI AL ke 72 tahun 2017 ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri, Dan Berkepribadian”.

Mengakhiri arahannya Kasal menekankan agar mencermati proses perencanaan stategis yang memiliki keterkaitan erat dengan mekanisme jalannya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan dengan mengambil langkah-langkah tepat dan akurat melalui kebijakan yang menetapkan skala prioritas sehingga visi TNI-AL untuk menjadi kekuatan yang handal dan disegani serta berkelas dunia akan dapat terwujud.

Hadir dalam upacara tersebut Pasops Letkol Mar Sunardi S.E., M.M, Dandensik Mayor Mar Supriyono, Dankima Mayor Mar Sudarmono, Dandenpum Mayor Marinir I. Nyoman Polih Indra dan seluruh perwira di jajaran Lanmar Sby.