BRIGIF-3 MAR MELAKSANAKAN UPACARA HUT TNI AL KE 72 TAHUN 2017

Dispen Kormar (Lampung). Brigade Infanteri-3 Marinir (Brgif-3 Marinir) melaksanakan upacara HUT TNI AL ke 72 tahun 2017 di Lapangan Mako Brigif-3 Mar, Piabung, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Senin (11/09/2017).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir (Danbrigif-3 Mar) Kolonel Marinir Umar Farouq dengan Komandan Upacara Kapten Marinir Dedik Kristiawan yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kompi B Yonif-7 Marinir dan pengucap Sapta Marga oleh Serda Mar Bayu Adi Sasongko.

HUT TNI AL ke 72 kali ini bertemakan “Bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian”. Kegiatan upacara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Mars TNI AL yang dinyanyikan oleh seluruh pasukan upacara.

Dalam amanat KASAL Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. yang dibacakan oleh Danbrigif-3 Mar menyampaikan bahwa pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI AL memiliki tiga makna penting yang harus dipahami bersama. Pertama, makna keimanan dan ketakwaan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI AL. Kedua, makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI AL dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, makna evaluatif sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Diakhir amanat, KASAL menyampaikan beberapa penekanan sebagai pengantar tugas untuk dipedomani. Pertama, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta pedomani dan hormati hukum, nilai-nilai demokrasi serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas. Kedua, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya keselamatan serta keutuhan bangsa dan negara. Ketiga, pelihara segenap alutsista persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya, agar dapat mendukung keberhasilan setiap pelaksanaan tugas secara optimal. Keempat, mantapkan kekompakan antar komponen TNI, agar dapat terjalin koordinasi dan kerja sama yang harmonis antara TNI AL dengan satuan-satuan TNI lainnya, sebagai refleksi dari tampilan TNI yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kelima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wadan Brigif-3 Mar Letkol Marinir Sulistyo Tri Yulianto dan Perwira Staf Brigif-3 Mar.