KOLATMAR PERINGATI HARI JADI TNI-AL KE-72 TAHUN 2017

Dispen Kormar (Pasuruan). Segenap prajurit Komando Latih Marinir (Kolatmar) Grati melaksanakan upacara peringatan hari jadi ke-72 TNI Angkatan Laut di Lapangan Bola Mako Kolatmar Grati. Pasuruan, Senin (11/09/2017).

Sebagai Irup Komandan Kolatmar Kolonel Marinir yang diwakili oleh Perwira Staf Logistik (Pasilog) Letkol Marinir Roy Budi Subroto, Komandan upacara kapten Mar Kamilus, Perwira Upacara Lettu Mar Jufri L Situmorang dan pengucap Sapta Marga Serda Mar Suwantoro.

Dalam amanatnya KASAL LAKSAMANA ADE SUPANDI, S.E., M.A.P. yang dibacakan oleh Irup menyampaikan, dalam pelaksanaan Upacara ini sangat tepat dengan mengambil tema,’’ Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat mandiri dan Berkepribadian.”

Pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yaitu, Pertama, Makna Keimanan dan ketaqwaan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha ESA atas segala petunjuk ,tuntunannya dan perlindungannya,selama 72 Tahun masa pengabdian TNI-AL. Kedua, Makna Historis, upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI-AL dalam mengisi kemerdekaan  serta menegakkan Integritas, Kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, Makna Evaluatif, sebagai momentum Introspeksi dan Evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksaan tugas di masa lalu, guna memantapkan dan pemyempurnaan tugas di masa mendatang.

Implementasi nyata dari tema diatas, TNI Angkatan Laut melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan Konstribusi dan Partisipasi rakyat seperti Olah Raga Perairan, Bakti sosial berupa donor darah dan Pengobatan masal, Bersih-bersih Pantai dan lomba-lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing satker.

Dan untuk lebih mendekatkan TNI Angkatan laut dengan Rakyat, dilaksanakan juga kegiatan Open Day dan Open Ship di Kotama TNI Angkatan Laut dan Puspenerbal sekaligus juga sebagai bentuk pertanggung jawaban  TNI Angkatan Laut kepada rakyat.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap prajurit dan aparatur sipil negara, TNI Angkatan Laut atas dedikasi dan loyalitas pengabdian yang diberikan dan ucapan yang sama kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI Angkatan Laut yang selalu memberi motivasi, sumbang pemikiran dan doa yang tulus ikhlas sehingga dapat memberikan kepercayaan diri yang kuat dalam pelaksaan tugas yang diemban.

Hadir dalam upacara tersebut Para Perwira staf Kolatmar, Dan Puslatsus, Dan PLP-3 Grati, satu peleton upacara dari Mako Kolatmar, satu Peleton upacara dari Kima Kolatmar, satu Peleton upacara dari PLP-3 Grati, satu Peleton dari Puslatsus dan PNS Kolatmar.