YONMARHANLAN X JAYAPURA SUMBANG 2 EMAS DI KEJUARAAN KASAL CUP 2017

Dispen Kormar (Kendari). Atlet Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhalan) X Jayapura berhasil menyumbangkan 2 medali emas di cabang olah raga selam dalam ajang Kejuaraan Kasal Cup yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada tanggal 07-09 September 2017.

Lantamal X Jayapura dalam event kejuaraan Kasal Cup menurunkan atlit untuk mengikuti lomba diantaranya cabang Selam dan Layar, yang telah berhasil membawa nama baik Lantamal X dan Yonmarhanlan X.

Untuk cabang olah raga Selam sendiri diikuti oleh peserta diantaranya terdiri dari 16 Kotama di Lingkungan TNI AL, 5 Pengurus Provinsi dan 4 Pengurus Cabang yang ada di Indonesia dengan total atlit putra sebanyak 138 orang dan atlit putri sebanyak 64 orang.

Adapun nomor yang dilombakan dalam Cabang Olah Raga Selam diantaranya Orientasi Bawah Air (OBA) Five point dan M Course.  Di nomor ini Lantamal X Jayapura menurunkan atlit selam yang merupakan personil Yonmarhanlan X terdiri dari Serka Mar M Arianto, Serka Mar Muabidin dan Kopda Mar Verry Dwi Irjayanto serta Kapten Mar Suprapto sebagai coach.

Dengan waktu latihan yang relatif singkat dan menggunakan sarana latihan yang ada, atlit selam dari Yonmarhanlan X berhasil mengukir prestasi dan membawa nama baik Lantamal X dalam kejuaraan Kasal Cup dengan meraih 2 emas yang direbut oleh Kopda Mar Verry Dwi dari nomor OBA Five point dan nomor OBA M Course, sedangkan 1 perunggu diraih oleh Serka Mar M Arianto dari nomor M Course.  

Keberhasilan tim selam Yonmarhanlan X tidak lepas dari pembinaan satuan berupa latihan yang terukur dan pengalaman atlit selam itu sendiri dalam mengikuti berbagai macam event lomba sebelumnya.

Menurut Komandan Yonmarhanlan X Mayor Marinir Sugeng Purwanto bahwa keberhasilan atlit selam Lantamal X yang merupakan personil Yonmarhanlan X dalam meraih gelar juara umum cabang olah raga selam pada kejuaraan Kasal Cup yang diadakan di Kota Kendari tentu membawa kebanggaan tersendiri bagi satuan baik di Lingkungan TNI AL maupun nasional.

“Latihan dan pengalaman yang cukup merupakan salah satu faktor meraih kemenangan. Yonmarhanlan X telah membuktikan ketangguhan atlitnya dalam kejuaraan Kasal Cup dengan menyingkirkan atlit lainnya serta berhasil keluar sebagai juara umum dalam cabang olah raga selam,” katanya.

Danyonmarhanlan X Mayor Marinir Sugeng Purwanto menambahkan bahwa apa yang sudah diraih oleh atlit Yonmarhalan X harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan. Prajurit Yonmarhanlan X jangan mudah berpuas diri dan terlena dengan hasil yang telah diraih saat ini.

Pembinaan berupa latihan yang terencana dan terukur harus terus dilakukan dan ditingkatkan serta perlu menambah pengalaman dalam ajang lomba di Lingkungan TNI, Daerah maupun Nasional sehingga naluri prajurit sebagai atlit juara akan terasah. Mayor Marinir Sugeng Purwanto juga mengharapkan adanya upaya untuk kaderisasi atlit baru dari prajurit agar gelar juara selalu dapat diraih oleh Yonmarhanlan X.

"Fukare Aiswon Jeewi Jitee" yang artinya, "Semangat Membara Pengabdian Di Tapal Batas."

“Dengan semboyan semangat tersebut Prajurit petarung Puma Perkasa siap mengukir prestasi di setiap palagan dan senantiasa menjaga nama baik Korps Marinir di bumi Cendrawasih Jayapura, Papua”. Pungkasnya.