PRAJURIT PASMAR-1 BERSIH-BERSIH SUNGAI KALIMAS

Dispen Kormar (Surabaya). Prajurit Pasmar-1 dari berbagai Satuan di bawah jajaran Pasmar-1 melaksanakan bersih-bersih sungai Kalimas Surabaya. Jumat, (24/11/2017). 


Pada pelaksanaan bersih-bersih sungai Kalimas ini, dibuka oleh Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Robert Walter Tappangan, S.H., sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara di percayakan kepada Letkol Laut (P) Erwin Herdianto Pabanops Sops Lantamal V.


Selain prajurit Pasmar-1 pada pelaksanaan bersih-bersih Kalimas, juga diikuti oleh prajurit dari Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Lantamal V, TNI AD, TNI AU, Polrestabes Surabaya, Saka Bahari dan masyarakat sekitar.


Bersih-bersih Kalimas dalam rangka memperingati HUT Armada RI 2017 dan Hari Pahlawan kali ini, mengusung tema “Dengan semangat hari Pahlawan dan hari Armada 2017 TNI AL dan rakyat Surabaya bertekad menjadikan kota Surabaya Green

& Clean”.


Pembersihan dan normalisasi Kalimas sejauh 6,5 Km dibersihkan dari sampah yang telah lama menggendap didasar sungai. Sampah dari dalam sungai tersebut diangkut dengan menggunakan truk sampah sebanyak 25 unit, yang berasal dari Koarmatim, Lantamal V, BBWS Brantas, Jasa Tirta, DKP, Dinas PU dan Pasmar 1.


Menurut Ketua Panitia Program Kali Bersih (Prokasih) 2017 Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Aris Harjadi menjelaskan bahwa Prokasih kali ini berlangsung cukup panjang, mulai dari tanggal 20 Oktober hingga 4 Desember. 


Program ini tidak hanya pembersihan kali dari Sampah di permukaan, namun lebih kepada normalisasi sungai Kalimas dengan pengerukan lumpur dan endapan sampah lainnya.


Prokasih kali ini dibagi menjadi lima zona, tiap-tiap zona di bawah satu Komando Perwira berpangkat Kapten untuk memudahkan koordinasi dilapangan. Zona 1 dari Kediaman Panglima–Jembatan Undaan Kulon. Zona 2 dari Jembatan Undaan Kulon – Jembatan Peneleh (Jl. Achmad Jais) melaksanakan pemotongan rumput liar yang tumbuh di bantara sungai.


Zona 3 dari Jembatan Peneleh (Jl. Achmad Jais) – JMP (Jl. Kembang Jepun). Zona 4 dari JMP (Jl. Kembang Jepun) – Jembatan Petekan dan Zona 5 dari Jembatan Petekan sampai dengan sepanjang Pati Unus.


Para Penanggung jawab ini akan mengkoordinir seluruh kegiatan yang ada di masing- masing zona dengan melaksanakan pengerukan lumpur, pemotongan rumput liar yang merambat pada bantaran sungai serta dahan pohon yang menjorok ke sungai.