LOMBA MENEMBAK MARINIR CUP 2017 DI BHUMI MARINIR CILANDAK

Dispen Kormar (Jakarta).  Kepala Staf Korps Marinir (Kas Kormar) Brigjen TNI (Mar) Hasanuddin mewakili Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono SH. MH. M.Tr (Han) membuka secara resmi Lomba Menembak Marinir Cup 2017 di Lapangan Tembak Marinir Jusman Puger Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Sabtu, (02/12/2017).


Mengawali acara, Dandenjaka selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan laporannya tentang kesiapan pelaksanaan Lomba Tembak Marinir Cup 2017 dan dikuti dengan kata sambutan Ketua Umum Perbakin Bambang Trihatmojo yang diwakili Jhoni Basri.


Pada awal sambutannya yang dibacakan oleh Kas Kormar, Dankormar menyampaikan “ Lomba Tembak Marinir Cup tahun 2017  dimaksudkan sebagai sarana yang dapat digunakan bagi para prajurit dan pencinta olah raga menembak untuk mengukur kemampuan dan saling menggali pengalaman serta bertukar informasi perkembangan masing –masing di dalam upaya meningkatkan prestasi menembak sehingga diharapkan pada kegiatan lomba tembak ini akan muncul bibit-bibit baru para petembak yang memiliki potensi untuk menjadi duta bangsa pada event-event perlombaan tingkat internasional”.


“Selain Dari pada itu, kegiatan yang kita selenggarakan ini, dapat menjadi sarana untuk menjalin hubungan tali silaturahmi dan memupuk semangat  persaudaraan serta kebersamaan diantara TNI, Polri Dan intansi / badan/lembaga Negara serta masyarakat guna menunjang dalam upaya menciptakan kebutuhan dan stabilitas ke amanan dan pertahanan Negara”. Tambah Dankormar.


Pada akhir amanatnya orang nomor satu di baret ungu itu berharap semoga lomba tembak Marinir Cup Tahun 2017 ini dapat terselenggara secara optimal dengan berupaya memelihara ketertiban dan kelancaran serta menunjukan prestasi melalui cara-cara yang jujur dan menjunjung  tinggi sportivitas.


Adapun pelaksanaan lomba dilaksanakan mulai tanggal 1 desember 2017 sampai dengan 03 desember 2017 di Bumi Marinir Cilandak dan sekitarnya dengan materi-materai lomba sebagai berikut :


a. Pistol


1) Tembak Excekutif.

– 20 Meter Pistol Excekutif Eksebisi.

– 20 meter Pistol Executif Prestasi (open), Perorangan dan beregu.

– 25 Meter Pistol Presisi Perorangan dan beregu.

2) Tembak Marine Style (Open).

3) Tembak Reaksi Level-II/8 Stage (Open, Standart, Production) IPSC dan Non IPSC.


b. Senapan


1) Perorangan dan beregu 100 Meter Ring Target 3 Sikap, Pejera Logam.

2) Perorangan dan beregu 100 Meter Ring Target 3 sikap, Open.

3) Perorangan dan beregu 100 Meter Plat  Baja 3 Sikap, Pejera Logam.

4) Perorangan dan beregu 100 Meter Plat baja 3 Sikap, Open.

5) Perorangan dan beregu 300 Meter Plat Baja 3 Sikap, Open.

6) Perorangan 300 Meter Plat Baja 3 Sikap Senior.

7) Perorangan 400 Meter, Prone Tactical,open.

8) Perorangan 400 Meter,Prone Tactical senior.


c. Senapan Angin (PCP/Gas)


1) Range 18 M – 41  M

2) 3 (Tiga) Posisi 33  M.

3)  Benchrest 41  M.

4)  Air Soft/AA IPSC.

Tembak Reaksi Level II/8 Stage (Open dan Standart).


5) Berburu (Open).

Jenis-jenis Senjata yang digunakan Pistol Open, Standart, Production dan senjata api laras panjang minimum kaliber 223 mm maximum 30 mm serta para pemenang lomba juara I,II dan III dari masing-masing kelas yang di lombakan akan mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang pembinaan. Di penghujung acara pembukaan lomba menembak Marinir Cup ini didapati penembak-penembak Pati dan Pamen selaku peserta menembak Eksebisi sebagai berikut:


1) Tingkat Pati

– Juara Pertama Laksma TNI Rudi Bangkinas ( Staf Khusus Kasal )

– Juara Kedua Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang (Wadan Kodiklatal)

– Juara ketiga Brgjen TNI (Mar) Endi Supardi (Danlantamal XII Pontianak)


2) Tingkat Pamen

– Juara Pertama Kolonel Mar Pangestu (Kodiklat TNI)

– Juara Kedua Kolonel Laut Robert (Armatim)

– Juara Ketiga Letkol Tek Ramsa Sinaga (Sat Induk Bais TNI)


Hadir pada acara tersebut Kabais Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Ketua Umum Perbakin Bambang Triatmojo, Kapuspomal Brigjen TNI (Mar) Ketut Wardana, Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dan undangan perwakilan tiga angkatan serta dari perbakin.