LATIHAN PAM PEMILU LEGISLATIF DAN PRESIDEN MARINIR WILAYAH TIMUR TAHUN 2019 RESMI BERAKHIR

Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) yang diwakili Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E secara resmi menutup Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 Korps Marinir Wilayah Timur di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Jumat (08/02/2019).

 

Dalam amanatnya yang dibacakan Danbrigif 2 Mar, Komandan Korps Marinir mengatakan, secara umum latihan yang diselenggarakan selama 8 hari dari seluruh jajaran Korps Marinir yaitu di Lampung,  Jakarta dan  Surabaya yang dilaksanakan tanggal 31 Januari hingga 8 Februari 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan latihan yang telah ditetapkan.

 

“Tujuan dilaksanakannya latihan pengamanan Pemilu di seluruh wilayah jajaran Korps Marinir  yaitu untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan Satuan Korps Marinir agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dan profesional,” tegas Dankormar.

 

Disampaikan pula bahwa dengan diselenggarakannya latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, dapat memberikan kesiapsiagaan operasional Satuan Tugas Korps Marinir guna menjawab segala permasalahan yang kemungkinan timbul pada penyelenggaraan Pemilu 2019 sekaligus untuk mengantisipasi terhadap ancaman dan gangguan yang mengganggu stabilitas keamanan serta keutuhan NKRI.

 

Dari hasil laporan panitia pelaksanaan latihan, lanjutnya, dapat diambil kesimpulan bahwa semua materi latihan yang telah diprogramkan dapat diterima dan dilaksanakan dengan baik oleh peserta latihan. Hal tersebut menunjukkan semangat dan antusias yang tinggi dari semua peserta dalam mengikuti semua program latihan.

 

Sebelum mengakhiri amanatnya, orang nomor satu di Korps Marinir itu memberikan beberapa hal sebagi pedoman guna mendukung pencapaian tugas yaitu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, agar setiap langkah diberikan petunjuk dan mendapatkan berkah dan ridhonya, menghindari sikap arogansi dan sombong serta tetap rendah hati  dalam setiap menjalankan tugas, memegang teguh jati diri prajurit Korps Marinir sebagai prajurit pasukan pendarat amfibi TNI AL yang professional dan berkarakter, menjaga hubungan dan terus melaksanakan koordinasi kepada pihak-pihak yang terikat khususnya Pemerintah Daerah dan Polri serta menjaga sikap dan netralitas TNI dengan tidak memberikan dukungan kepada pihak-pihak manapun termasuk dalam memberikan perkataan maupun tulisan yang berhubungan dengan calon peserta Pemilu 2019.

 

Dalam kesempatan tersebut Komandan Korps Marinir menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara latihan dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan latihan atas jerih payah dan kerja kerasnya sehingga Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 Korps Marinir Wilayah Timur dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asrena Danpasmar 2 Kolonel Marinir Kakung Priambodo, Aslog Danpasmar 2 Letkol Mar M. Miftahdin, Wadan Brigif 2 Mar Letkol Mar Yudi Asmar, Wadan Menart 2 Mar Letkol Mar Gunawan Tri Utomo, Wadan Menbanpur 2 Mar Letkol Mar Tambunan, Paban Opslat Pasmar 2 Letkol Mar Rivelson Saragih dan Para Dansatlak di jajaran Marinir Wilayah Surabaya.