PASMAR 3 SORONG GELAR LATIHAN PENGAMANAN PEMILU TA. 2019

Dispen Kormar (Sorong). Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) diwakili Asisten Operasi Komandan Pasmar 3 Sorong Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung membuka Latihan Pengamanan Pemilu tahun 2019, yang dilaksanakan di lapangan apel Brigade Infanteri 3 Marinir Katapop Distrik Salawati Kab. Sorong Papua Barat. Senin (11/02/2019).

 

Sebelum penyampaian Amanat Komandan Korps Marinir, Asisten Operasi Komandan Pasmar 3 melaksanakan inspeksi pasukan dan pengecekan kesiapan perlengkapan perorangan serta material lainnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Dankolak Pasmar 3, Dansatlak Pasmar 3 dan Perwira Staf di jajaran Kolak Pasmar 3.

 

Dalam Amanatnya yang dibacakan oleh Asops Danpasmar 3, Komandan Korps Marinir antara lain mengatakan, bahwa Tahun 2019 ini merupakan tahun politik, dimana hampir diseluruh wilayah Indonesia mulai dari tingkat Kabupaten Provinsi termasuk Nasional akan melaksanakan Pemilu secara serentak untuk memilih Kepala Daerah, Legislatif dan Presiden. Korps Marinir yang merupakan bagian dari TNI memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga kedaulatan pertahanan Negara serta berperan aktif dalam membantu Kepolisian dan Pemerintah Daerah guna menciptakan stabilitas keamanan wilayah dari segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presisden tahun 2019.

 

Untuk menunjang kesiapsiagaan  Operasional dan pencapaian tugas, maka perlu dilaksanakan pembinaan latihan secara terpadu bagi Satuan Tugas Korps Marinir yang ada di seluruh wilayah kerja Korps Marinir dengan unsur-unsur yang terkait langsung. Dengan demikian diharapkan seluruh Satuan Tugas Korps Marinir akan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang handal dalam setiap pelaksanaan tugasnya secara berhasil dan berdaya guna serta terwujudnya sinergitas dan kerja sama yang baik dengan pihak Kepolisian maupun Pemda setempat serta instansi Pemerintahan lainnya.

 

Di akhir amanatnya Komandan Korps Marinir memberikan penekanan sebagai berikut, Tingkatkan disiplin diri dengan tetap mendekatkan diri kepada Tuhan YME, Laksanakan kegiatan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, Jalin hubungan komunikasi yang baik antara seluruh komponen instansi Pemerintah yang terkait dan Perhatikan faktor keamanan serta keselamatan dalam latihan ini.