IBU-IBU JALASENASTRI KORCAB PASMAR 3 BELAJAR MEMBUAT BATIK ECOPRINT

Dispen Kormar (Surabaya). Dalam  rangka meningkatkan kreatifitas dan ketrampilan, ibu-ibu Jalasenastri Korcab Pasmar 3 melaksanakan pelatihan pembuatan Batik Ecoprint yang dipimpin langsung oleh Ketua Korcab Pasmar 3 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir        Ny. Christiany Amir Faisol, bertempat di Balai Prajurit Kesatrian Marinir Usman, Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya, Jalan Opak No.9 Surabaya. Sabtu (23/03/2019)

 

Dalam kegiatan pelatihan ini, Ketua Korcab Pasmar 3 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Christiany Amir Faisol menyampaikan arahannya antara lain pelatihan membatik Ecoprint ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta ketrampilan ibu-ibu Jalasenastri Korcab Pasmar 3, dari pelatihan tersebut diharapkan agar dapat melestarikan budaya dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dan tidak menutup kemungkinan apabila dijalankan dengan tekun serta sungguh-sungguh akan dapat meningkatkan penghasilan sebagai penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga.

 

Pelatihan pembuatan batik Ecoprint ini dipandu oleh Ny. Kusno dan diikuti Ketua Korcab Pasmar 3 serta  pengurus Korcab Pasmar 3 didampingi oleh Perwira Pembina Harian (Pabinhar) Kapten Marinir Teguh Imam S, S.H. “Ecoprin merupakan tehnik cetak yang menggunakan pewarna alami, tehnik sederhana yang tidak melibatkan mesin atau cairan kimia, tehnik ini diaplikasikan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik. Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik, pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata” ungkap Ny. Kusno.

 

Di akhir kegiatan pelatihan tersebut, Ketua Korcab Pasmar 3 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Christiany Amir Faisol mengungkapkan rasa senang dan bangga atas karya batik Ecoprint yang dibuat oleh para pengurus Korcab Pasmar 3 dan sebelum menutup kegiatan ini Ketua Korcab Pasmar 3 memberikan cindera mata kepada Ny. Kusno serta ucapan terimakasih atas waktunya yang telah memandu dan memberikan ilmunya tentang pembuatan batik Ecoprint ini.