BAGI TNI NKRI HARGA MATI

Dispen Kormar (Jakarta) . Tugas pokok TNI sesuai Undang - Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melindungi segenap bangsa Indonesia. Tugas pokok TNI tersebut dilaksanakan dalam bentuk Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tercantum dalam UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI adalah mengatasi aksi terorisme yang diemban oleh Satuan Gultor. Satuan Gultor TNI adalah satuan yang disiapkan untuk melaksanakan operasi penanggulangan terorisme yang terjadi diseluruh wilayah Indonesia. 


Berkaitan dengan tugas tersebut maka dibutuhkan kemampuan yang perlu dilatihkan secara terus menerus bertingkat, bertahap, dan berlanjut untuk mencapai tingkat kesiapsiagaan operasional yang mampu menjawab tantangan tugas atau kemungkinan kontijensi yang terjadi setiap saat di wilayah NKRI. Untuk mencapai tingkat kesiapsiagaan operasional tersebut, maka perlu diberikan bekal kemampuan dan ketrampilan kepada Satuan Penanggulangan Teror TNI yang terdiri dari  Sat-81 Kopassus TNI AD, Denjaka Marinir TNI AL dan Satuan Bravo 90 Korpaskhas TNI AU. Penyelenggaraan latihan penanggulangan teror untuk mengimplementasikan berbagai kemampuan teknik dan taktik dalam mengatasi aksi terorisme.


Latgultor TNI tahun 2019 mempunyai tujuan untuk menguji kesiapsiagaan satuan-satuan tersebut dalam menyikapi dinamika perkembangan situasi keamanan bila sewaktu-waktu terjadi terorisme di berbagai wilayah NKRI.


Pada latihan ini Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latgultor Satgultor TNI TA.2019. Tema latihan "Satgultor TNI Melaksanakan Penanggulangan Aksi Terorisme di Wilayah DKI Jakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI".


Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., para penjabat utama Mabes TNI dan Pangkotama TNI meninjau langsung latihan tersebut di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/4/2019).


Dalam penyampaiannya kepada wartawan saat diwawancari selesai menyaksikan Latgultor  Satgultor TNI TA.2019, Panglima TNI menyampaikan dengan tegas "Siapapun yang akan mengganggu Keutuhan NKRI akan berhadapan langsung dengan TNI, karena NKRI Harga Mati ".