PASMAR 3 APEL GELAR KESIAPAN PAM PEMILU DAN PEMBERANGKATAN PERSONEL LATAP RUPANPUR

Dispen Kormar (Sorong). Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, M.M diwakili oleh Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi memimpin gelar Kesiapan Pengamanan Pemilihan Umum TA. 2019 dan Pemberangkatan personel Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur (Latap Rupanpur) Batalyon Infanteri-11 Marinir, bertempat di Lapangan Apel Brigade Infanteri-3 Marinir Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Kamis (11/04/2019)

 

Dalam Apel Gelar tersebut, diawali dengan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan baik personel maupun material/perlengkapan oleh Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi, selanjutnya membacakan amanat Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, M.M yang mengatakan bahwa Korps Marinir merupakan bagian integral TNI AL dan TNI berkewajiban untuk tetap menjaga agar penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib, sehingga proses demokrasi yang diharapkan oleh seluruh bangsa Indonesia dapat tercapai.

 

“Tugas tersebut merupakan tugas yang sangat mulia, sehingga dibutuhkan ketulusan hati dan rasa tanggung jawab dari setiap prajurit kepada masyarakat, bangsa dan negara. Untuk melaksanakan tugas tersebut agar setiap prajurit menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, mulai dari personel, perlengkapan maupun kemampuan secara Optimal,” jelas Komandan Pasmar 3.

 

Pada kesempatan yang sama, kepada prajurit yang tergabung dalam Regu Pandu Tempur (Rupanpur) yang akan melaksanakan latihan pemantapan Rupanpur Korps Marinir TA.2019 di Banyuwangi dan sekitarnya. Komandan Pasmar 3 menyampaikan bahwa Latihan tersebut merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan profesionalisme sebagai pasukan pendarat amfibi.

 

“Ikuti latihan ini dengan penuh tanggung jawab dan ambil sebanyak mungkin ilmu-ilmu yang akan bermanfaat di medan penugasan kedepannya. Kalian mewakili Pasmar 3 dalam latihan tersebut, tunjukkan bahwa prajurit Pasmar 3 adalah prajurit profesional, prajurit yang pantang menyerah dan prajurit yang loyal. Selama melaksanakan latihan tetap utamakan faktor keselamatan dan keamanan, latihan sebagus apapun dikatakan tidak sukses apabila ada kerugian personel atau material,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, dikatakan, Apel Gelar kesiapan Pam Pemilu tahun 2019 Pasmar 3 di wilayah Sorong ini, dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung dan meyakinkan kesiapan satuan-satuan dibawah jajaran Pasmar 3 sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan harapan, agar seluruh personel benar-benar siap dan mengerti secara detail akan tugas masing-masing serta meyakinkan seluruh material, perlengkapan alat peralatan yang disiapkan dapat berfungsi dengan baik guna mensukseskan jalannya Pemilu tahun 2019 ini dengan lancar, aman dan tertib.

 

Turut hadir dalam Apel gelar tersebut, Asisten Operasi Danpasmar 3 Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung, Para Dankolak dan Dansatlak Pasmar 3, Seluruh Perwira dan Seluruh Prajurit jajaran Pasmar 3 yang tergabung dalam Pam Pemilu TA. 2019 serta prajurit yang tergabung dalam latihan pemantapan Rupanpur Korps Marinir TA. 2019.