YONMARHANLAN XIV SORONG SIAP AMANKAN PROSES PEMILU 2019

Dispen Kormar (Sorong). Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di wilayah Sorong Raya yang terdiri dari Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019, dipimpin langsung Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Aryawan, S.E., M.M, di lapangan upacara Koarmada III, kota Sorong, Minggu (14/04/2019).

 

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 ini melibatkan satuan-satuan pelaksana di jajaran Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV termasuk didalamnya Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIV (Yonmarhanlan XIV) Sorong dibawah pimpinan Komandan Yonmarhanlan XIV Sorong Mayor Marinir M. Ali Wardhana, S.E., M.Tr Opsla yang merupakan satuan pelaksana Pasmar 3 yang berada dibawah komando operasi Lantamal XIV Sorong mengerahkan 1 SSK Prajurit-prajurit pilihan dalam rangka mendukung Lantamal XIV Sorong dalam melaksanakan Pengamanan Pemilu 2019 di wilayah kerja Lantamal XIV terutama wilayah Sorong Raya. 

 

Dalam amanatnya Panglima Koarmada III menyampaikan "Pelaksanakan apel gelar pasukan ini pada hakikatnya merupakan wujud dari tingkat kesiapan Koarmada IIl, Pasmar 3 dan Lantamal XIV beserta jajaran dalam menghadapi tugas nasional yang sangat penting dan strategis. Dinamika dan perubahan dalam masyarakat perlu mendapatkan perhatian ekstra bagi seluruh prajurit Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden tahun ini, baik dimasa tenang menjelang pemilu, saat pelaksanaan Pemilu, seluruh prajurit harus selalu siap siaga guna mendukung POLRI dalam menjaga keamanan serta mengantisipasi munculnya berbagai bentuk anarkhisme yang mungkin terjadi sebagai akses dari hasil pemilihan umum". 

 

"Sehingga siapapun yang terpilih sebagai pemegang amanah rakyat, mampu membawa bangsa Indonesia menuju bangsa yang bermartabat, bangsa yang adil dan makmur, sebagaimana yang telah dicita-citakan oleh Para Pendiri Bangsa. Sebelum mengakhiri sambutan ini saya Selaku panglima Komando Armada III akan memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam melaksanakan tugas pengamanan Pileg dan Pilpres tanggal 17 April 2019, sebagai berikut pahami bahwa tugas Pemilu, serentak ini adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas", lanjut Pangkoarmada III. 

 

Dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 ini Pangkoarmada III didampingi KS. Koarmada III, Komandan Lantamal XIV, Danguspurla Armada III, Wadan Pasmar 3, Danbrigif-3 Marinir, Asops Koarmada III, Asops Danpasmar 3 serta Asops Danlantamal XIV memeriksa langsung perlengkapan dan peralatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan pengamanan nanti serta kesiapan kendaraan guna mendukung mobilisasi pasukan bila dibutuhkan dengan segera. 

 

Turut hadir dalam kegiatan KS. Koarmada III Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr Han, Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Hermanto,S.E., M.M., Danguspurla Armada III Laksma TNI P. Rahmat Wahyudi, S.E., Wadan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi, Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito,S.E., M.M., Para Asisten Koarmada III, Asisten Danpasmar 3 dan Asisten Danlantamal XIV, Para Dankolak/Dansatlak Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV termasuk Danyonmarhanlan XIV Mayor Marinir M. Ali Wardhana, S.E., M.Tr Opsla.