PRAJURIT YONIF 1 MARINIR TERIMA SOSIALISASI PENYAKIT DIABETES

Dispen Kormar (Sidoarjo). Prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir menerima sosialisasi penyakit diabetes dari Lembaga Penyuluhan Kesehatan Indonesia (LPKI) di Lapangan Bulutangkis Yonif 1 Mar Jl Juanda No 2 Gedangan, Sidoarjo. Senin (13/05/2019).

 

Kegiatan yang dihadiri Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, M.Tr. Hanla., M.M, tersebut diikuti seluruh prajurit ‘Buaya Petarung’ Yonif 1 Marinir.

 

Dalam sosialisasi yang disampaikan oleh Mbak Ika dan Mbak Isnaeni Amalia tersebut Lembaga Penyuluhan Kesehatan Indonesia (LPKI) mempunyai visi yaitu menuju Indonesia sehat menyediakan informasi mengenai kesehatan yang dapat membantu masyarakat Indonesia dalam menegambil keputusan dan mempunyai misi meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal kesehatan melalui penyediaan layanan materi–materi tentang kesehatan.

 

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan cara mengatasi diabetes dan komplikasinya, dijelaskan pula bahwa Diabetes ada 3 tipe yaitu Tipe 1 disebut diabetes remaja yang disebabkan karena obesitas/kegemukan, biasanya dialami pada anak–anak, solusi mengatasinya dengan suntik insulin seumur hidup dan cangkok pankreas, Tipe 2 menyerang tanpa pandang bulu, sebagian masyarakat tidak menyadari terkena diabetes disebabkan kelebihan karbohidrat karena kelebihan makanan dalam tubuh, konsumsi makanan yang berlemak tinggi, Tipe 3 hanya di alami pada wanita hamil. Gejala awal ditandai dengan Polidipsi (sering haus), Poliphagi (sering lapar), Poliuri (sering buang air). Untuk gejala parah ditandai dengan sakit kepala, sering merasa lelah, pandangan kabur, luka susah sembuh dan sering infeksi jamur.

 

Selain itu juga dijelaskan tentang berbagai tingkatan diabetes, ciri–ciri terkena penyakit diabetes, cara mengobati dan obat yang bisa digunakan.

 

Dalam kesempatan tersebut Danyonif 1 Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, M.Tr Hanla., menyampaikan terima kasih kepada Lembaga Penyuluhan Kesehatan Indonesia yang telah memberikan sosialisasi diabetes kepada prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir, dengan harapan semoga materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi prajurit.