KOMANDAN KOMANDO LATIH KORPS MARINIR BUKA UJI KOMPETENSI PELATIH TAHUN 2019

Dispen Kormar (Surabaya). Uji Kompetensi pelatih prajurit Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) resmi dibuka oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E. di Balai Prajurit Kodikmar Gunung Sari, Surabaya, Senin (13/05/2019).

 

Dalam Uji Kompetensi tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan prajurit Kolatmar dalam bidang kepelatihan, dengan sasaran untuk mengetahui kemampuan dalam menguasai CMI, mengetahui kemampuan dalam menguasai manajemen latihan dan teknik melatih, mengetahui kemampuan dalam taktik dan teknik sesuai doktrin tempur Korps Marinir, mengetahui kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan mengetahui kemampuan dalam menyiapkan alins dan alongis sampai dengan mendirikan Poskolat.

 

Kegiatan Uji Kompetensi Pelatih tersebut dilaksanakan dalam waktu satu Minggu mulai tanggal 13 Mei sampai dengan 18 Mei 2019 dengan diikuti sejumlah 150 prajurit pelatih Kolatmar. Para peserta Uji kompetensi kepelatihan ini merupakan perwakilan dari masing-masing Satuan Pelaksana / Puslatpur-puslatpur di jajaran Komando Latih Korps Marinir. Prajurit pelatih yang mengikuti uji kompetensi tersebut terdiri dari tiga strata kepangkatan yaitu Perwira, Bintara dan Tamtama.

 

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Pelatih Kolatmar terbagi menjadi dua yaitu uji secara teori dan paparan dilaksanakan di Puslatpasrat Gunungsari sedangkan uji yang bersifat aplikasi dan praktek lapangan dilaksanakan di Puslatpurmar 3  Grati Pasuruan. Bahan materi yang diujikan meliputi Uji akademis : Teori Tik Opsfib, Tik Opsrat, Teori Raid, Teori CMI, Pengetahuan Umum. Semua materi yang diujikan secara teori, praktek akan di aplikasikan dalam praktek CMI dengan peserta secara Tim. Selain itu ada penambahan praktek aplikasi kompas IMMP, mountenering, menembak dan praktek pembuatan Posko.

 

Dalam arahan yang disampaikan oleh Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S E. bahwa Uji Kompetensi tersebut diharapkan akan mampu mengetahui sejauh mana ilmu yang dimiliki pelatih Kolatmar dan  juga sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan perorangan. Sehingga akan tahu kemampuan prajurit Kolatmar sebagai Pelatih dan sejauh mana pemahaman terhadap materi–materi kepelatihan. Setelah pelaksanaan kegiatan ini juga akan dilaksanakan evaluasi lebih lanjut guna menyempurnakan kegiata Uji Kompetensi berikutnya. Evaluasi akan di ikuti dengan pembekalan dan pemantapan bagi para peserta Uji Kompetensi.

 

"Uji Kompetensi Pelatih ini merupakan langkah awal dalam membangun kembali Kolatmar sebagai lembaga kepelatihan Korps Marinir yang mumpuni dan mampu diandalkan dalam melatih prajurit Korps Marinir, yang bisa mengikuti tuntutan perkembangan dan kemajuan zaman," pungkasnya.