SISWA DIKTUKPA KORPS MARINIR LAKSANAKAN SAMAPTA DI YONIF 1 MARINIR

Dispen Kormar (Sidoarjo). Dalam rangka membina dan meningkatkan kekuatan fisik, 29 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktupa) Korps Marinir TNI AL Angkatan 48 melaksanakan Samapta di Batalyon Infanteri  1 Marinir Jl. Juanda 02 Gedangan, Sidoarjo. Selasa (14/05/2019).

 

Kegiatan diawali dengan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan, dilanjutkan senam pemanasan dengan tujuan untuk memberikan pelemasan otot-otot. Usai pemanasan, diberikan pengarahan kepada peserta garjas, agar kegiatan kesegaran jasmani dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, memperhatikan faktor keamanan guna mencegah terjadinya kecelakaan.

 

Materi Samapta meliputi kesamaptaan  A yaitu lari selama 12 menit dan kesamaptaan B yang terdiri dari Pull Up, Puss Up, Sit Up dan Shuttle Run.

 

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Danang Wahyu Isbiantoro, M.Tr.Hanla.,M.M mengatakan, samapta tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur stamina dan ketahanan fisik Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa). “Selain itu, test kesamaptaan juga sebagai sarana mengetahui kemampuan jasmani, sekaligus untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, baik jasmani maupun rohani," tuturnya.