PERENANG JAGUAR KHATULISTIWA ARUNGI SELAT KARIMATA

Dispen Kormar (Pontianak). Perenang Jaguar Khatulistiwa Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan (Yonmarhanlan) XII melaksanakan "try out" renang di Pantai Kijing Desa Sungai Kunyit Laut Kec. Sui Kunyit Kab. Mempawa Kalbar dalam rangka persiapan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir (Kormar) tahun 2019. Rabu (11/09/2019).

 

Perenang yang dari Yonmarhanlan XII yang akan mengikuti renang antara lain : Lettu Mar M. Darwiyanto, Serka Mar Johari, Serda Mar Joko S., Serda Mar Reza S, Pratu Mar M. Suro, Prada Mar M. Afrizal, Prada Mar Muhammad Arsad, Prada Mar Ikramin dan Prada Mar Laode. Perenang-perenang tersebut yang akan mewakili Yonmarhanlan XII dalam mengikuti Lomba Binsat Kormar tahun 2019.

 

Kegiatan "try out" di awali dengan : cek up kesehatan, berdo'a dan pengarahan dari pelatih seputar situasi, keadaan dan media latihan termasuk kultur pantai, ombak, kedalaman dan arah angin termasuk hambatan dan rintangan seputar kondisi kehidupan di laut, pengecekan dan penyiapan alat perlengkapan renang diantaranya fin, snorkel dan masker, penyiapan sarana pendukung dalam hal ini perahu karet sebagai sarana evakuasi dimana di dalamnya terdapat tenaga medis kesehatan (P3K) dari Diskes (Dinas Kesehatan) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII dan perahu karet sebagai tim SAR yang bermanuver di laut sepanjang waktu renang dan streching untuk seluruh atlit renang diharapkan dalam pelaksanaannya tidak mengalami trouble fisik di laut baik kram kaki atau kram perut.

 

Sebelum pelaksanaan "try out" juga dilaksanakan pengarahan oleh Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XII Mayor Marinir Sofian C.U., M.Tr (Opsla) dan beberapa penekanan kepada para atlit renang antara lain : laksanakan latihan dengan serius dan penuh tanggung jawab, jalin kerjasama dan bentuk tim kecil saat berenang harus berpasangan jangan sendiri-sendiri, kontrol diri karena yang tahu kondisi kesehatan/kemampuan adalah tiap-tiap atlit sendiri, cek betul perlengkapan yang akan dipakai agar tidak menjadi kendala dan hambatan saat berenang, segera beri tanda atau kode kepada tim SAR/kesehatan jika mengalami trouble di laut untuk segera di tangani dan untuk tim SAR dan Tenaga Medis tetap pasang mata dan telinga jaga jarak pandang dengan perenang karena keselamatan para atlit adalah prioritas utama.

 

Pada kegiatan try out renang laut kali ini sebagai tolak ukur  sekalipun aplikasi dari sekian hari melaksanakan training centre di home base Yonmarhanlan XII, di mana titik star dan finish berada di pantai kijing pada koordinat 108°50'35"LU - 0°30'10"BT dengan menempuh jarak 10 km mengarungi Selat Karimata - Kalimantan Barat.