KASAL RESMIKAN MESJID "AR - RAHMAN" KESATRIAN MARINIR BAROTO SARDADI

Dispen Kormar (Marunda), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., meresmikan penggunaan Masjid Ar - Rahman di Komplek Kesatriaan Marinir Baroto Sardadi Pasmar -1 Marunda Jakarta Utara, Jumat (08/11/19).

 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol bersama oleh Kasal didampingi oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) dan mitra Bank BNI, BRI, dan Mandiri, terbukalah selubung bertuliskan nama Masjid Ar - Rahman sampai dengan terlihat sempurna dengan iringan lantunan suara Adzan sekaligus masuk waktu solat Jum'at berjamaah.

 

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung nama Masjid Ar - Rahman dengan membunyikan sirine sampai dengan selubung terbuka sempurna oleh Kasal didampingin oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) dan mitra Bank BNI, BRI, dan Mandiri.

 

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan, Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi - tingginya atas bantuan berupa material, baik berupa finansial sehingga dapat terbangunya tempat ibadah untuk kepentingan kita bersama, "Kasal berharap masjid tersebut tidak saja dapat digunakan oleh prajurit TNI Angkatan Laut, tetapi juga oleh warga sekitar dan memberikan banyak manfaat untuk prajurit dan warga sekitar," ujarnya.

 

Disela - sela peresmian dilanjutkan dengan sholat Jumat Berjamaah di Mesjid Ar - Rahman, dan diakhir acara dilakukan poto bersama serta meninjau TPA Mesjid Ar - Rahman.

 

Pasalnya, Pembangunan masjid di atas lahan 7000 meter dimulai persegi ini dimulai tanggal 28 Februari 2019,

Pemberian nama masjid dengan nama “Ar Rahman” memiliki nama filosofi yang sangat mendalam tentang nikmat kasih sayang Allah SWT yang amat panjang kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya. Selanjutnya diharapkan manusia memiliki sifat pengasih dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan di seluruh alam.

 

Bangunan masjid berarstitektur nusantara. Atapnya berbentuk “limas punden berundak” terdiri dari landasan atap dan dua atap berundak yang keseluruhan memiliki makna tingkatan pemahaman Islam yaitu hakikat, syariat dan makrifat. Empat tiang utama masjid memiliki makna empat pilar ajaran Islam yaitu AL Quran, Hadist, Ijma dan Qiyas. Bangunan utama masjid berukuran 117 m x 99 m terdiri dari ruang ibadah, serambi, ruang wudhu pria dan ruang wudhu wanita. Ruang ibadah merupakan penggambaran fungsi dzikir sebuah masjid. Sedangkan serambi yang biasa digunakan sebagai tempat bermusyawarah merupakan ekspresi dari fungsi sosial masjid. Di luar bangunan utama terdapat Tempat Pendidikan Al Quran (TPA) sebagai wujud nyata fungsi pikir atau pembelajaran masjid terutama bagi anak-anak sebagai generasi penerus. Sejumlah ornamen dipasang sebagai penghias masjid. Ornamen yang menonjol adalah batu granit asal Persis yang ditempatkan di Mihrab (Ruang Imam dan Khatib).

 

 

Hadir pada kesempatan tersebut Aspers Kasal Laksda TNI Inyoman Mandra, MSC., CHRMP., Danseskoal Laksda TNI DR. A Octavian , S.T., M.SC., Pangkoarmada 1 Laksda TNI M. Ali S.E., M.M., Kadiskual Laksma TNI R. Anang Dwi Kuncoro, S.H., M.M., Kadisfaslanal Laksma TNI Pugus Santoso, S.E., M.M., Kadispenal Laksma TNI M. Zaenal, S.E., M.M., M.Soc . Sc., Danlantamal 3 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nuralamsyah, M. Tr (Han), Polres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, Walikota Jakarta Utara, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Segenap Pengurus Inti Jalasenastri Pusat, Ketua Gabungan Jalasenastri Kormar Ny. Etta Suhartono, Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kormar Ny. sriwidayati Widodo, Ketua Korcab Pasmar 1 Ny. Ayu Nur Alamsyah, beserta jajaran Pengurus Jalasenastri PG Kormar